Sakura Loves You

Senin, 03 Oktober 2016

TUGAS 3 SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN (EKSI 4416)



Jelaskan mengenai Balance Score Card, dan bagaimana perannya dalam Sistem Pengendalian Manajemen? Berikan satu contoh ilustrasi penerapan BSC dalam organisasi.

JAWAB
BSC adalah pendekatan terhadap strategi manajemen yang dikembangkan oleh Drs.Robert Kaplan (Harvard Business School) and David Norton pada awal tahun 1990. BSC berasal dari dua kata yaitu balanced (berimbang) dan scorecard (kartu skor). Balanced (berimbang) berarti adanya keseimbangan antara performance keuangan dan non-keuangan, performance jangka pendek dan performance jangka panjang, antara performance yang bersifat internal dan performance yang bersifat eksternal. Sedangkan scorecard (kartu skor) yaitu kartu yang digunakan untuk mencatat skor performance seseorang. Kartu skor juga dapat digunakan untuk merencanakan skor yang hendak diwujudkan oleh seseorang di masa depan.
BSC adalah suatu mekanisme sistem manajemen yang mampu menerjemahkan visi dan strategi organisasi ke dalam tindakan nyata di lapangan. BSC adalah salah satu alat manajemen yang telah terbukti telah membantu banyak perusahaan dalam mengimplementasikan strategi bisnisnya.
contoh penerapan Balance Scorecard pada sebuah Rumah Sakit, dan pada gambar dibawah ini merupakan penggambaran visi pada tiap-tiap bidang yang tertuang dalam Konsep Business sebuah Rumah Sakit dengan menggunakan Balances Scorecard, dimana masing-masing visi ini mendukung tercapainya visi utama :

 

1 komentar: