Sakura Loves You

Minggu, 09 Oktober 2016

TUGAS 1 AUDIT MANAJEMEN (EKSI4413.02)



Beberapa pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan audit manajemen fungsi keuangan, yaitu pendekatan komparatif, pemanfaatan keahlian pihak lain, pendekatan statistikal, penggalian informasi yang menyangkut ketaatan dan penggunaan Teori MBO. Coba dijelaskan kelima pendekatan tersebut dan berikan contoh untuk masing-masing pendekatan.


JAWAB:
1.     PENDEKATAN KOMPARATIF
Tim audit personalia membandingkan perusahaan (atau devisi) dengan perusahaan lain (atau devisi lain) untuk menemukan bidang-bidang pelaksanaan kerja yang jelek. Pendekatan ini pada umumnya digunakan untuk membandingkan hasil-hasil kegiatan-kegiatan personalia tertentu atau program-programnya. Ini sangat membantu untuk mendeteksi bidang-bidang yang memerlukan perbaikan.

2.     PEMANFAATAN KEAHLIAN PIHAK LAIN
Tim audit menggantungkan pada penemuan-penemuan oleh ahli atau konsultan dari luar perusahaan sebagai standar dengan mana kegiatan-kegiatan atau program-program personalia dievaluasi. Konsultan atau temuan-temuan riset yang dipublikasikan dapat membantu diagnosa terhadap berbagai penyebab timbulnya masalah-masalah personalia.

3.     PENDEKATAN STATISTIKAL
Dari catatan-catatan yang ada, tim audit menyusun standar-standar secara statistic dengan mana berbagai kegiatan atau program dievaluasi. Dengan standar-standar matematis ini, tim bisa menemukan kesalahan-kesalahn semenjak hal ini masih belum serius.

4.     PENGGALIAN INFORMASI YANG MENYANGKUT KETAATAN
Melalui pengambilan sample elemen-elemen system informasi personalia, tim audit memeriksa pelanggaran-pelanggaran terhadap berbagai hukum atau peraturan dan kebijaksanaan atau prosedur perusahaan. Dengan upaya pencarian fakta ini, tim dapat menentukan apakah ada penyelewengan terhadap kebijaksanaan-kebijaksanaan perusahaan dan peraturan-peraturan legal atau tidak.

5.     PENGGUNAAN TEORI MBO
Pendekatan MBO dapat diterapkan dalam bidang personalia, di mana tim audit dapat membandingkan hasil-hasil kegiatan personalia dengan tujuan-tujuan yang  telah ditetapkan. Bidang-bidang pelaksanaan kerja yang jelek dapat dideteksi dan dilaporkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar