Sakura Loves You

Rabu, 05 Oktober 2016

TUGAS 3 TEORI AKUNTANSI 01 (EKSI 4415)



1.Sebutkan dasar-dasar pengukuran berdasarkan nilai masukan dan nilai keluarannya!
      Hendriksen (1982) menyebutkan bahwa ada dua jenis nilai pertukaran yang dapat digunakan yaitu nilai keluaran (output values) dan nilai masukan (input values).Nilai keluaran menunjukan aliran dana (kas) yang diperkirakan akan diterima perusahaan dimasa mendatang sesuai dengan harga pertukaran output/produk yang dihasilkan perusahaan. Sedangkan Nilai masukan menunjukan jumlah rupiah yang harus dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh aktiva yang akan digunakan dalam kegiatan operasi perusahaan.
      Nilai Keluaran
      Nilai keluaran didasarkan pada jumlah kas atau penghargaan lain (non kas) yang diterima suatu unit usaha bila suatu aktiva/potensi jasa akhirnya keluar dari unit usaha tersebut karena suatu pertukaran.
-       Discounted Future Cash Receipts or Service Potential
      Yaitu nilai sekarang kas masa mendatang yang akan diterima perusahaan seandainya aktiva dijual. Dasar ini dapat digunakan apabila harapan penerimaan kas/setaranya dapat ditaksir cukup pasti dan jangka waktu penerimaan cukup panjang, tetapi saat/tanggal penerimaannya pasti. Konsep penilaian tersebut memerlukan adanya taksiran terhadap jumlah yang akan diterima, faktor diskonto, dan periode waktu penerimaan.
-       Harga Keluaran Sekarang (Current Output Price )
      Apabila produk perusahaan umumnya dijual dipasar yang teroganisir, harga pasar sekarang merupakan dasar yang rasional untuk menilai besarnya harga jual di masa mendatang.
-       Nilai Setara Kas Sekarang (Current Cash Equivalent )
      Nilai setara kas sekarang menunjukan jumlah kas atau daya beli umum yang dapat diperoleh dengan menjual setiap aktiva berdasarkan keadaan perusahaan normal. Nilai setara kas sekarang dianggap relevan karena menunjukan
-       Nilai Likuidasi (Liquidation Value)
      Nilai likuidasi sama dengan harga jual sekarang/nilai setara kas sekarang, dengan perbedaan bahwa nilai keluarannya diperoleh dari kondisi pasar yang berbeda. Nilai Likuidasi hanya digunakan dalam kondisi berikut :
*        Bila produk/aktiva lainnya kehilangan manfaat normal sehingga menjadi usang atau tidak laku dijual.
*        Bila unit usaha merencanakan untuk membubarkan usahanya dalam waktu dekat sehingga tidak dapat menjual seluruh aktiva di pasar yang normal.
      Nilai Masukan
      Nilai masukan dapat menunjukan nilai maksimum perusahaan atau produk perusahaan tidak memiliki harga pasar sehingga tidak mungkin untuk memperoleh nilai keluaran. Dasar penilaian yang dapat digunakan untuk nilai masukan adalah sebagai berikut :
-       Cost Historis
      Cost menunjukan semua pengorbanan ekonomi dalam bentuk unit moneter yang dikeluarkan dalam rangka memperoleh barang/jasa sampai siap digunakan untuk operasi perusahaan
-       Cost Masukan Terkini (Current Input Cost)
      Cost masukan terkini menunjukan harga pertukaran yang harus dikorbankan pada saat sekarang untuk memperoleh aktiva yang sejenis dalam kondisi yang sama.
-       Discounted Future Cost
      Dasar penilaian ini menunjukan nilai sekarang pengorbanan ekonomi di masa mendatang seandainya potensi jasa tertentu diperoleh sekaligus pada saat sekarang.
-       Standart Cost
      Cost standar menunjukan cost sekarang dalam kondisi perusahaan beroperasi pada tingkat efisiensi dan kapasitas produksi normal.

2.Pemilihan suatu dasar pengukuran tertentu dipengaruhi oleh tujuan-tujuan pengukuran aktiva. Sebutkan dan jelaskan tujuan pengukuran tersebut!
tujuan pengukuran/penilaian aktiva adalah sebagai berikut :
*        Sebagai salah satu langkah dalam pengukuran laba
*        Sebagai salah satu langkah dalam proses penyajian posisi keuangan
*        Memenuhi kebutuhan informasi yang ingin dicapai dalam pelaporan keuangan
*        Memenuhi kebutuhan informasi khusus yang memerlukan penilaian untuk kepentingan manajemen.

3.Apa yang harus dilakukan dalam hal pengungkapan apabila terjadi perubahan akuntansi?
Agar laporan keuangan tetap informatif, ada beberapa hal yang harus diungkapkan dalam laporan keuangan. Antara lain sebagai berikut :
v  Total bunga yang terjadi selama periode
v  Bagian dari total bunga yang dikapitalisasi
v  Total bunga yang dibebankan ke periode bersangkutan kalau selama periode tersebut tidak ada bagian bunga yang dikapitalisasi.

1 komentar:

  1. Terima kasih ya mbak.
    Postingannya sangat membantu
    Sukses selalu untuk Anda

    BalasHapus