Sakura Loves You

Rabu, 05 Oktober 2016

TUGAS 1 ANALISIS INFORMASI KEUANGAN 03 (EKSI 4204)



1. Sebutkan dan jelaskan tahap penggunaan laporan keuangan untuk analisis bisnis!
2.Dalam laporan keuangan, perusahaan menyajikan informasi mengenai empat aktivitas utama perusahaan yang mendukung untuk menghasilkan barang atau jasa dan menghasilkan tingkat pengembalian atas investasi yang cukup memuaskan. Sebutkan dan jelaskan empat aktivitas perusahaan tersebut!
3. Mengapa keunggulan biaya dan diferensiasi dapat digunakan oleh perusahaan untuk memperoleh keunggulan dalam persaingan?
4.Mengapa penyisihan piutang tak tertagih yang terlalu tinggi dapat menjadi penyebab penyajian aktiva yang terlau rendah?

JAWABAN

1.    Sebutkan dan jelaskan tahap penggunaan laporan keuangan untuk analisis bisnis!
Jawab:
A.    Tahap Analisis 1 : Analisis Strategi Bisnis
Tujuan analisis strategi bisnis adalah untuk mengidentifikasikan aktivitas penghasilan keuntungan utam,a dan resiko bisnis dan untuk menilai potensi keuntungan perusahaan secara kualitatif. Analisis strategi bisnis mencakup analisis jenis industri perusahaan dan strategi perusahaan untuk menciptakan keuntungan kompetitif yang terus menerus.  Analisis kualitatif fini merupakan tahap pertama yang penting karena tahap ini memungkinkan analisis untuk membuat bingkai analisis akuntansi dan keuangan berikutnya dengan lebih baik.
B.    Tahap Analisis 2 : Analisis Akuntansi
Tujuan analisis akuntansi adalah untuk mengevaluasi sejauh mana akuntansi perusahaan dapat menangkap realitas usaha yang mendasarinya. Dengan mengidentifikasi area, di mana terdapat fleksibilkitas akuntansi dan dengan mengfaluasi kelayakan kebijakan dan estimasi akuntansi perusahaan, seorang analis dapat menilai tingkat distorsi angka akuntansi pada laporan keuangan perusahaan.

C.    Tahap Analisis 3 : Analisis Keuangan
Tujuan analisis keuangan adalah menggunakan data keuangan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan saat ini dan masa lalu dan untuk menilai sejauh mana kinerja tersebut dapat dipertahankan. Ada dua keahlian penting yang terkait dengan analisis keuangan. Pertama, analisis keuangan harus sistematis dan efisien. Kedua, analisis ini harus memudahkan analis dalam menggunakan data keuangan untuk mengekplorasi masalah bisnis. Analisis rasio dan analisis arus kas merupaka alat keuangan yang paling sering digunakan . Analisis rasio terpusat pada evaluasi kinerja pasar produk perusahaan dan kebijakan keuangannya, analisis arus kas mencakup analisis likuiditas dan fleksibilitas keuangan perusahaan.

D.    Tahap Analisis 4 : Analisis Prospektif
Analisis prospektif, yang mencakup prediksi atas masa depan perusahaan, merupakan tahap akhir pada analisis bisnis. Dua teknik yang paling sering digunakan dalam analisis prospektif adalah peramalan dan penilaian laporan keuangan. Kedua teknik ini memungkinkan dirangkumnya analisis usaha, analisis akluntansi dan analisis keuangan untuk membuat prediksi mengenai masa depan perushaan.

2. A.    Aktivitas Perencanaan
Suatu perusahaan didirikan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan perusahaan dinyatakan dalam suatu perencanaan bisnis yang menjelaskan tujuan, strategi, dan taktik aktivitasnya. Suatu perencanaan bisnis membantu manajer untuk memusatkan usaha dan mengidentifikasi kesempatan dan halangan yang mungkin timbul. Pemahaman perencanaan bisnis akan membantu analisis prospek perusahaan saat ini dan di masa depan dan merupakan bagian dari analisis lingkup dan strategi bisnis. Informasi mengenai aktivitas perencanaan dapat ditemukan dalam laporan keuangan dalam berbagai bentuk. Informasi ini juga tersedia melalui media non formal, seperti publikasi perusahaan, publikasi industri, berita analis dan media keuangan.
Dua sumber informasi mengenai perencanaan usaha perusahaan adalah Surat untuk Pemegang Saham (atau Sambutan Direktur) serta berbagai Diskusi dan Analisis Manajemen yang terdapat dalam laporan keuangan.

B.    Aktivitas Pendanaan
Terdapat dua sumber pendanaan seksternal-investor ekuitas (juga disebut pemilik atau pemegang saham) dan kreditor ( pemberi pinjaman). Keputusan mengenai komposisi aktivitas keuangan akan tergantung pada kondisi pasar keuangan. Pasar keuangan merupakan sumber dana potensial. Untuk mencari dana di pasar keuangan, perusahaan mempertimbangkan berbagai faktor, yaitu jumlah dana yang dibutuhkan, sumber dana (kreditor atau investor), jangkawaktu pengembalian dana, dan struktur perjanjian keuangan. Keputusan terkait faktor tersebut akan menentukan struktur organisasiperusahaan, mempengaruhi pertumbuhan perusahaan, mempengaruhi risiko dan menentukan peranan pihak luar dalam pengambilan keputusan.

C.    Aktivitas Investasi
Akitivitas investasi mengacu pada pengeluaran investasi yang ditujukan untuk menghasilkan barang dan jasa, dan juga invetasi yang berasal dari kelebihan kas. Investasi pada tanah, bangunan, peralatan, hak hukuman (paten, lisensi, copyright), persediaan, sumber daya manusia, sistem informasi, dam aktiva lain yang ditujukan untuk melaksanakan aktivitas operasi perusahaan.

D.    Aktivitas Operasi
Salah satu bagian penting dalam analisis laporan keuangan adalah menganalisis aktivitas operasi perusahaan. Aktivitas operasi mencerminkan “pelaksanaan” rencana bisnis perusahaan dengan memperhatikan aktivitas pendanaan dan investasinya. Aktivitas operasi melibatkan paling tidak lima komponen; penelitian dan pengembangan, pembelian, produksi, pemasaran dan administrasi. Manajemen akan mentukan kombinasi kelima komponen ini yang paling efektif dan efisien bagi keunggulan kompetitif perusahaan.

3. Karena keunggulan biaya membuat suatu perusahaan dapat memasok produk atau jasa yang sama, seperti pesaingnya dengan biaya yang lebihrendah. Strategi diferensiasi dilakukan dengan menyediakan barang atau jasa yang memiliki beberapa aspek berada yang diminatipelanggan.

4. Karena di dalam neraca penyisihan piutang yang terlalu tinggi dapat mempengaruhi nilai kas pada aktiva dan apabila disisihkan terlalu tinggi akan menyebabkan pelunasan akan piutang tidak akan menambahkan nilai kas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar