Sakura Loves You

Minggu, 09 Oktober 2016

TUGAS 3 EKONOMI PEMBANGUNAN.02 (ESPA4229.02)



  1. Jelaskan pengertian dan asumsi perilaku institusi?
JAWAB:
Institusi adalah aturan-aturan yang diciptakan manusia agar tercipta interaksi ekonomi, politik, dan sosial yang baik dalam kehidupannya. Douglas C. North (119) mendefinisikan institusi sebagai aturan main (rule of the game) atau prosedur yang mengatur bagaimana masyarakat berinteraksi satu sama lain dan organisasi (the players) yang mengimplementasikan aturan main tersebut untuk mencapai hasil yang diinginkan bersama.
Asumsi perilaku institusi yaitu bahwa manusia berperilaku rasional (rational individual behavior) dan adanya fungsi preferensi individu yang jelas (individual preferences function); dimana kedua asumsi tersebut juga merupakan asumsi dasar yang sangat penting bagi mazhab neo-klassik

  1. Jelaskan tentang peran institusi dalam pembangunan ekonomi?
JAWAB:
Peran institusi dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi sangat sentral. Negara-negara dengan institusi yang baik lebih mampu mengalokasikan sumber daya secara lebih efisien sehingga perekonomiannya bisa bekerja lebih baik. Institusi yang kuat juga akan melahirkan kebijakan ekonomi yang tepat dan kredibel sehingga berbagai bentuk kegagalan pasar bisa teratasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar