Sakura Loves You

Minggu, 09 Oktober 2016

TUGAS 1 STUDI KELAYAKAN BISNIS (EKMA4311.01)



1.       Coba anda uraikan  langkah membuat suatu proyek.
2.       Coba anda membuat proposal membuat proyek pembuatan Batu Bata di wilayah anda.



JAWAB
1.       Langkah-langkah membuat proyek:

1.    Penemuan Ide
Agar dapat menghasilkan ide proyek yang dapat menghasilak produk laku untuk dijual dan menguntungkan diperlukan penelitian yang terorganisasi dengan baik serta dukungan sumber daya yang memadai. Jika ide proyek lebih dari satu, dipilih dengan memperhatikan:
    ide proyek sesuai dengan kata hatinya
    pengambil keputusan mampu melibatkan diri dalam hal-hal yang sifatnya teknis
    keyakinan akan kemampuan proyek menghasilkan laba.

2.    Tahap Penelitian
Setelah ide proyek terpilih, dilakukan penelitian yang lebih mendalam dengan metode ilmiah:
    mengumpulkan data
    mengolah data
    menganalisis dan menginterpretasikan hasil pengolahan data
    menyimpulkan hasil
    membuat laporan hasil

3.   Tahap Evaluasi.
Evaluasi yaitu membandingkan sesuatu dengan satu atau lebih standar atau kriteria yang bersifat kuantitatif atau kualitatif. Ada 3 macam evaluasi:
    mengevaluasi usaha proyek yang akan didirikan
    mengevaluasi proyek yang akan dibangun
    mengevaluasi bisnis yang sudah dioperasionalkan secara rutin
Dalam evaluasi bisnis yang akan dibandingkan adalah seluruh ongkos yang akan ditimbulkan oleh usulan bisnis serta manfaat atau benefit yang akan diperkirakan akan diperoleh.

4.   Tahap Pengurutan Usulan yang Layak
Jika terdapat lebih dari satu usulan rencana bisnis yang dianggap layak, perlu dilakukan pemilihan rencana bisnis yang mempunyai skor tertinggi jika dibanding usulan lain berdasar kriteria penilaian yang telah ditentukan.

5.   Tahap Rencana Pelaksanaan
Setelah rencana bisnis dipilih perlu dibuat rencana kerja pelaksanaan pembangunan proyek. Mulai dari penentuan jenis pekerjaan, jumlah dan kualifikasi tenaga perencana, ketersediaan dana dan sumber daya lain serta kesiapan manajemen.

6.   Tahap Pelaksanaan
Dalam realisasi pembangunan proyek diperlukan manajemen proyek. Setelah proyek selesai dikerjakan tahap selanjutnya adalah melaksanakan operasional bisnis secara rutin. Agar selalu bekerja secaa efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan laba perusahaan, dalam operasional perlu kajian-kajian untuk mengevaluasi bisnis dari fungsi keuangan, pemasaran, produksi dan operasi.


2.        
Proposal Batu Bata Merah

PROPOSAL PENDIRIAN USAHA



USAHA PERCETAKAN BATU BATA MERAH
Jl.Greges Barat, Surabaya-Jawa Timur


I.PENDAHULUAN
Sebagai seorang insan yang beriman dan bertaqwa maka telah menjadi kewajiban bagi diri kita semua untuk mencari rezeki dengan tangan kita sendiri, dan Islam yang menjadi landasan perjuangan kami mengatur hal ini sebagaimana firman Allah SWT : “…Dan kami jadikan tidurmu untuk istirahat, dan kami jadikan malam sebagai pakaian, dan kami jadikan siang untuk mencari penghidupan…….” (QS. An Naba’ : 9-11). Rasulullah SAW pun bersabda: “Tiada seorang makan makanan yang lebih baik, kecuali hasil usahanya sendiri. Dan Nabi Allah Daud AS juga makan dari hasil tangannya sendiri” (HR.Bukhori).
Saat ini kondisi perekonomian sangat jauh tertinggal dan negara-negara kapitalis berupaya terus menguasai perekonomian dunia dan terus memperluas cengkeramannya hingga ke negeri-negeri muslim termasuk Indonesia. Perekonommian semacam ini jelas bertentangan dengan fitrah ekonomi umat yang berlandaskan dengan Al Qur’an dan Sunnah dengan prinsip Ta’awunnya, dan memajukan perekonomian kapitalis tak ubahnya dengan memberikan kemakmuran kepada umat yang terang-terangan memusuhi umat Islam.
Berangkat dari kesadaran tersebut kami dengan pengetahuan dan keahlian yang kami peroleh, mendirikan dan menjalankan beberapa usaha yang bergerak dibidang percetakan  , juga telah mendirikan serta mengelola percetakan bata merah , berupaya untuk bangkit bersama saudara-saudara yang lain membangun perekonomian yang kokoh agar dapat mandiri seluas-luasnya untuk kepentingan bersama. yang terdiri dari gabungan SDM (Sumber Daya Manusia) berkualitas yang berpengalaman dibidangnya masing-masing.


II.NAMA  USAHA

Usaha yang akan dikembangkan diberi nama “cv.bata merah” dengan badan usaha berbentuk CV yang didaftarkan ke notaris sehingga memiliki badan hukum yang tetap.

III.RENCANA LOKASI USAHA
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
1.di tempatkan di tempat yang dekat dengan bahan baku
2.di daerah yang mudah terjangkau
Lokasi yang kami prioritaskan adalah di Jalan raya Greges Barat, Surabaya-Jawa Timur

IV.JENIS USAHA
Jenis  usaha yang direncanakan sesuai dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki adalah :
        Pembuatan batu batamerah (konsentrasi pada bulan pertama)
Jenis usaha ini adalah Usaha Inti (core bussines), dimana seluruh investasi fisik dialokasikan untuk usaha ini (aspek finansial terlampir). (pada bulan ke-2) Target kami adalah setiap bulan menambah cabang usaha baru, walau tidak menutup kemungkinan pada bulan yang sama ddirikan bebapa cabang usaha sekaligus.

V.PROSPEK USAHA

Rumah atau tempat tinggal pada umumnya menggunakan Batu bata sebagai bahan dasar bangunannya. Penggunaan batu bata banyak digunakan untuk dinding pada bangunan perumahan, bangunan gedung, pagar, saluran dan pondasi. Batu bata umumnya dipakai sebagai penyangga atau pemikul beban yang ada diatasnya. Pesatnya pembangunan di sektor perumahan dan property menjadikan kebutuhan terhadap batu bata semakin meningkat, hal ini merupakan membuka peluang usaha dalam pengadaan materia bangunan untuk mendukung pembangunan sektor tersebut.
Hal lain yang menjadikan komoditas ini sebagai peluang usaha adalah karena proses pembuatannya yang relatif mudah dengan biaya investasi yang murah dan bahan baku yang cukup. Peralatan yang diperlukan pun gampang hanya terdiri dari Cangkul, Pencetak Batu Bata, Mesin Penggiling batu bata, Mesin Pembakar atau Tungku Pembakaran dan Kayu Bakar atau batu bara atau sekam padi. Sementara bahan baku hanya terdiri dari Tanah Liat, Air dan Abu sisa pembakaran.

VI.KEUNGGULAN KAMI

Kami memiliki keunggulan antara lain :
1.kualitas yang selalu kami utamakan
2.kcepatan memperoduksi yang lebih cepat
3.Ramah lingkungan

VII.DANA & LABA MODAL & KEUNTUNGAN

Modal yang kami butuhkan untuk medirikan cetak batu bata merah ini plus biaya operasioanl selama 1 bulan pertama adalah  Rp 40.650.000,- dengan perkiraan laba bersih minimal Rp,8.350.000- per bulannya. Sehingga usaha diperkirakan akan BEP pada bulan ke (10) sebelas (dengan asumsi 1 bulan pertama belum mendapatkan keuntungan maksimal).
Sedangkan modal untuk usaha selain cetak batu bata merah adalah mengambil dari beberapa sumber antara lain :
1.      penambahan modal oleh pemodal.
2.      keuntungan bulanan pemodal, bila pemodal ingn menambah investasi.
3.      keuntungan bulanan pengelola, bila pengelola ingin ikut menanam saham.
4.      dari pemodal lain yang ingin ikut andil menanamkan saham.
5.      dari dana penyusutan barang yang ternyata tidak terpakai. (dana penyusutan ini tetap dianggap sebagai dana dari pemodal).

VIII.BIAYA PENYUSUTAN

Pada prinsipnya jumlah aset pemodal adalah sama baik pada saat pendirian usaha maupun pada tahun ke 1, ke2 , dst, Karena kami menganggarkan biaya penyususutan sebesar 2,5% perbulan dari semua aset  milik pemodal, dana penyusutan ini tetap menjadi milik pemodal sehingga total aset pemodal tetap walaupun nilai barang menjadi susut atau rusak.

XI.SURAT PERJANJIAN

Demi keamanan investasi, kami menawarkan surat perjanjian yang ditandatangani oleh pemodal pengelola dan dibubui materai secukupnya agar mempunyai kekuatan hukum. Ketentuan dasar surat perjanjian kami sertakan dalam lampiran.


X.STRATEGI PROMOSI

Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
1.      Bekerja sama dengan pihak pembangunan dalam rangka mengadakan kerja sama menyediakan bahan baku pembangunan
2.      Kami akan menjalankan kembali organisasi yang bergerak dibidang pembangunan yang akan menghimpun mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang industri. Dengan strategi ini, kami menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk mempromosikan bisnis ini, aset untuk tenaga pengajar dan dapat mengerjakan proyek-proyek industi
               
XI.PENUTUP

Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Terimakasih .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar