Sakura Loves You

Minggu, 09 Oktober 2016

TUGAS 1 TEORI PORTOFOLIO & ANALISIS INVESTASI (EKSI4203.12)



1.      Jelaskan Karekteristik dari sekuritas-sekuritas yang diperdagangkan di Pasar Modal.
Jawab:
(1) pada saat iniditerbitkan, sekuritas ini ditawarkan secara terus-menerus kepadainvestor di berbagai Negara, dan
(2) sekuritas tersebut dikeluarkandi luar yuridikasi satu negara. Pasar eksternal umumnya disebut offshore market, atau lebih popular dengan sebutanEuroma rket (walaupun pasar ini tidak terbatas hanya di Eropa, hanya dimulai di Eropa)
2.      Apa Yang dimaksud dengan sekuritas derivatif?
Jawab:
Sekuritas Derivatif terdiri dari dua kata yaitu Sekuritas dan Derivatif. Sekuritas adalah surat berharga atau instrument keuangan yang telah distandarisasi dan dijaga nilai-nilainya sehingga mempunyai kemampuan jual beli atau llikuid. Derivatif dalam bahasa matematika adalah sebuah turunan. Sekuritas Derivatif adalah kontrak dari surat berharga yang memiliki suatu aset yang lebih mendasar. Bisa juga diartikan Sekuritas derivatif adalah sekuritas yang mempunyai hak kepada pemegang sekuritas untuk membeli suatu sekuritas dengan harga tertentu pada waktu tertentu.
3.      Coba saudara uraikan model investasi yang beresiko dan model investasi yang bebas resiko?
Jawab:
Model Investasi yang beresiko merupakan bentuk investasi yang tingkat perolehan keuntungan atau manfaatnya sangat tergantung dari factor-faktor baik internal maupun  eksternal.
seperti contoh, faktor dalam negeri ( kondisi politik, perubahan  keamanan, perubahan informasi), sedangkan faktor eksternal (perubahan nilai kurs,  perubahan politik, dan perubahan ekonomi dunia, perkembangan sistem informasi). Dalam investasi yang beresiko terdapat lebih dari satu kemungkinan hasil yang diperoleh, dimana nilai kemungkinan atau  probabilitas dari masing-masing hasil dapat diketahui atau bisa diperkirakan sebelumnya dengan didukung oleh datadata yang ada dan perilaku dari investasi tersebut setiap harinya.
Model investasi tidak beresiko merupakan bentuk investasi bahwa investor boleh melakukan hutang dalam hal ini investor tidak harus dibatasi memiliki dana sendiri untuk investasinya, Karena diperbolehkan untuk menggunakan dana dari hutang, maka investor juga harus membayar bunga hutangnya, dan  bunga yang dibayarkan ini sifatnya sudah pasti, sehingga disebut hutang bebas resiko. Ada berbagai macam alternatif,  baik yang beresiko maupun tidak beresiko seperti menabung, membeli aktiva tetap (tanah, rumah, perabotan, mobil).

4.      Apa yang dimaksud dengan CAPM, dan sebutkan asumsi-asumsi yang mendasi CAPM
Jawab:
CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang dapat digunakan untuk menentukan harga sekuritas dengan menganalisis hubungan resiko dengan tingkat return.
Asumsi-asumsi CAPM ini adalah sebagai berikut:
1.Investor mengevaluasi portovolio dengan melihat ekspektasi return dan standar diviasi (sebagai risiko) portofolio untuk satu periode
2.Investor tidak pernah puas, jadi jika diberi pilihan antara dua portofolio yangidentik, mereka akan memilih portofolio yang memberi ekspektasi return yanglebih tinggi.
3.Investor adalah risk averse, jadi jika diberi pilihan antara dua portofolio identik,mereka memilih portofolio dengan standar diviasi yang lebih rendah.
4.Aset individual dapat dibagi tidak terbatas, artinya investor dapat membelisebagian saham jika investor berminat.
5.Terdapat tingkat bebas risiko dengan investor dapat memberi pinjaman(berinvestasi) atau meminjam uang.
6.Pajak dan biaya transaksi tidak relevan.Asumsi tambahan:
7.Semua investor memiliki satu periode yang sama.
8.Tingkat bunga bebas risiko sama untuk semua investor.
9.Informasi ini bebas diperoleh dan tersedia secara cepat untuk semua investor.
10.Investor mempunyai ekspektasi yang homogen (homogeneous expectation),artinya mereka memiliki persepsi yang sama dalam hal ekspektasi return, standar diviasi dan kovarian sekurtas

5.      Jelaskan apa-apa saja Return yang diharapkan dari investasi pasar modal
Jawab:
Pengembalian (return) merupakan kompensasi atau imbalan yang diharapkan di masa datang oleh investor atas waktu dan risiko yang terkait dengan investasi yang dilakukan..
1.    Actual Return, ini dapat berupa pengembalian yang telah terjadi  merupakan keuntungan (kerugian) yang didapatkan oleh investor atas selisih harga beli dengan harga jual di pasar sekunder.
2.    Expected Return merupakan pengembalian return ,pendapatan atau aliran kas yang diterima investor secara periodik, baik berupa bunga maupun deviden.
6.      Dalam berinvestasi tentu ada Resikonya. Jelaskan jenis-jenis resiko dalam berinvestasi di pasar modal. dan berikan Contohnya
Jawab:
Systematic risk
Systematic risk disebut juga risiko pasar karena berkaitan dengan perubahaan yang terjadi di pasar secara keseluruhan, risiko ini terjadi karena kejadian diluar kegiatan perusahaan, seperti :
a. Risiko inflasi, Inflasi akan mengurangi daya beli uang sehingga tingkat pengembalian setelah disesuaikan dengan inflasi dapat menurunkan hasil dari investasi tersebut.
b. Risiko nilai tukar mata uang (kurs)Perubahan nilai investasi yang disebabkan oleh nilai tukar mata uang asing menjadi risiko dalam investasi.
c. Risiko tingkat suku bunga, Jika suku bunga naik maka return investasi yang terkait dengan suku bunga, misalnya suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) akan naik ini dapat menarik minat investor saham untuk memindahkan dana ke Sertifikat Bank Indonesia, sehingga banyak yang akan menjual saham dan harga saham akan turun oleh karena itu perubahan suku bunga akan mempengaruhi variabelitas return suatu investasi.
Systematic risk disebut juga undiversible risk karena risiko ini tidak dapat dihilangkan atau diperkecil melalui pembentukan portofolio.
2. Unsystematic risk
Unsystematic risk merupakan risiko spesifik perusahaan karena tergantung dari kondisi mikro perusahaan.
Contoh unsystematic risk antara lain : risiko industri, operating laverage risk dan lain-lain. Risiko ini dapat diminimalkan dengan melakukan diversifikasi investasi pada banyak sekuritas dengan pembentukan portofolio, unsystematic risk disebut juga diversible risk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar