Sakura Loves You

Rabu, 05 Oktober 2016

TUGAS 3 ANALISIS INFORMASI KEUANGAN 03 (EKSI 4204)



1. Apa tujuan dari analisis rasio? Dan bagaimana cara analisi dalam melakukan analisis rasio?
Analisis rasio keuangan menghubungkan perkiraan neraca dan laporan laba rugi terhadap satu dengan lainnya, yang memberikan gambaran tentang sejarah perusahaan serta penilaian terhadap keadaan suatu perusahaan tertentu. Analisis rasio keuangan memungkinkan manajer keuangan meramalkan reaksi para calon investor dan kreditur serta dapat ditempuh untuk memperoleh tambahan dana.
analisis rasio keuangan adalah proses penentuan operasi yang penting dan karakteristik keuangan dari sebuah perusahaan dari data akuntansi dan laporan keuangan. Tujuan dari analisis ini adalah untuk menentukan efisiensi kinerja dari manajer perusahaan yang diwujudkan dalam catatan keuangan dan laporan keuangan.
Dalam mengadakan interpretasi dan analisis laporan keuangan suatu perusahaan, seorang penganalisis memerlukan adanya ukuran atau yardstick tertentu. Ukuran yang sering digunakan dalam analisis keuangan adalah rasio. Pengertian rasio sebenarnya hanyalah alat yang dinyatakan dalam “aritmatical terms” yang dapat digunakan untuk menjelaskan hubungan antara dua macam data keuangan. Macamnya rasio banyak sekali, karena dapat dibuat menurut kebutuhan penganalisis.
2.Apa keuntungan dan kerugian dari financial laverage (pengungkit keuangan)?
Leverage keuangan merupakan penggunaan dana dengan beban tetap dengan harapan atas penggunaan dana tersebut akan memperbesar pendapatan per lembar saham. Masalah leverage keuangan baru timbul setelah perusahaan menggunakan dana dengan beban tetap.
Efek yang menguntungkan dari leverage keuangan sering di sebut traiding in equity. Leverage keuangan itu merugikan apabila perusahan tidak dapat memperoleh pendapatan dari penggunaan dana tersebut lebih besar  dari pada beban tetap yang harus di bayar. Nilai leverage keuangan positif atau negatif di nilai berdasarkan pengaruh leverage yang di miliki terhadap pendapatan per lembar sahm (EPS).
3.Apa yang dimaksud analisis prospektif? Jelaskan bagaimana cara meramalkan kinerja masa depan dengan cara yang terbaik?
Analisis Prospektif Merupakan peramalan hasil dimasa depan-biasanyan laba,arus kas, atau keduanya. Output analisis prospektif adalah hasil yang diharapkan dimasa depan yanngn digunakan untuk mengestimasi nilai perusahaan.
mengubah ramalan hasil dimasa depan menjadi estimasi nilai perusahaan

4.Sebutkan dan jelaskan metode penilaian perusahaan!
1.       Pendekatan Pendapatan (Income Approach) ; adalah suatu cara umum menetapkan indikasi nilai dari suatu business, hak kepemilikan atas bisnis atau sekuritas dengan cara menghitung Nilai Kini (Present Value) dari keuntungan yang diantisipasi .Terdapat 2 (dua) metode umum dalam pendekatan pendapatan:
i       Metode Analisis diskonto Arus Kas (discounted cashflow method) atau Metode Deviden (Devident Method). Metode penilaian usaha/saham dimana nilai kini dari pendapatan ekonomi mendatang dihitung dengan menggunakan tingkat diskonto tertentu.
ii       Metode kapitalisasi pendapatan (capitalized income method).  Metode penilaian usaha/saham dimana pendapatan ekonomi pada satu waktu tertentu dikonversi menjadi nilai dengan membagi tingkat kapitalisasi tertentu.

2.       Pendekatan Pasar (Market Approach) ; adalah suatu cara umum menetapkan indikasi nilai dari suatu business, kepemilikan atas bisnis dan sekuritas yang membandingkan objek yang dinilai dengan bisnis, kepemilikan atas suatu bisnis atau sekuritas yang pernah dijual .  Terdapat 2 (dua) metode dalam pendekatan Pasar:
i       Metode pembanding perusahaan terbuka (guideline publicly TRADED COMPANY method).  Nilai ekuitas (dan nilai perusahaan/kapital) diperkirakan dengan cara mengalikan suatu ukuran nilai yang diperoleh dari data transaksi jual-beli yang pernah/sedang terjadi dari perusahaan-perusahaan yang digunakan sebagai pembanding pada suatu variabel nilai.  Perusahaan-perusahaan yang digunakan sebagai pembanding haruslah yang sejenis industrinya.
ii       Metode pembanding perusahaan merjer dan akuisisi (guideline merged and acquired companymethod).  Merupakan variasi dari metode pembanding perusahaan terbuka, dimana pembanding yang digunakan adalah transaksi saham mayoritas yang umumnya (tetapi) tidak selalu merupakan kepemilikan mutlak (100%)

3.       Pendekatan Aktiva (Asset-Based Approach) ; adalah suatu cara umum menetapkan indikasi nilai dari suatu bisnis atau sekuitas yang berdasarkan langsung pada penilaian kembali aktiva dan kewajiban dari suatu badan usaha ).  Terdapat 2 (dua) metode dalam pendekatan aktiva:
i       Metode akumulasi aset (asset accumulation method) lebih dikenal dengan nama adjusted book value method.  Nilai perusahaan atau nilai ekuitas diperkirakan dengan terlebih dahulu melakukan penyesuaian pada nilai buku dari tiap-tiap pos yang ada di neraca (baik aktiva maupun kewajiban) menjadi nilai pasarnya.  Nilai perusahaan adalah seluruh aktiva minus hutang yang bukan komponen struktur kapital. Nilai ekuitas adalah seluruh aktiva minus seluruh kewajiban.
ii      Metode kapitalisasi kelebihan pendapatan (capitalized excess earnings method).  Sama dengan metode akumulasi aset, tetapi aktiva tak berwujud dianggap sebagai satu kesatuan dan dinilai secara kolektif dengan proses kapitalisasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar