Sakura Loves You

Minggu, 09 Oktober 2016

TUGAS 1 Metode Penelitian Sosial (MPS) (ISIP4216)



Dewasa ini, perkembangan media massa elektronik, khususnya televisi di Indonesia cukup pesat. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai stasiun televisi swasta seperti TPI, RCTI, SCTV, Indosiar, Metro TV, Trans TV, LatiVi, TV-7, Global TV, JTV, TV education, dan lain-lain. Teknologi komunikasi ini telah menjadi komponen yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Selama 24 jam stasiun televisi saling berpacu menyajikan acara dan siarannya, seperti berita, kriminalitas, kekerasan, drama, dan sinetron yang paling banyak digemari masyarakat. Pengaruh tayangan televisi tersebut menyebabkan banyak anak-anak yang lalai mengerjakan pekerjaan rumah dengan alasan sibuk menonton televisi. Bahkan banyak yang terlambat masuk sekolah gara-gara terlambat bangun tidur karena semalaman menonton televisi. Data siswa SD Negeri 1 Mulyorejo – Surabaya menunjukkan bahwa siswa yang terlambat masuk sekolah mencapai 60% perhari. Akibatnya, prestasi belajar siswa mengalami penurunan, dengan indikator banyak siswa yang tinggal kelas.
Banyaknya jumlah siswa yang tinggal kelas di SD Negeri 1 Mulyorejo – Surabaya, maka Kepala Sekolah berencana meneliti seluruh siswa yang berjumlah 500 orang, dengan perincian siswa kelas I sebanyak 75 orang, siswa kelas II sebanyak 110 orang, siswa kelas III sebanyak 85 orang, siswa kelas IV sebanyak 50 orang, siswa kelasV sebanyak 65 orang, dan siswa kelas VI sebanyak 115 orang. Kepala sekolah menatapkan sampel sebanyak 300 orang dari populasi.
Bacalah contoh kasus di atas, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1.Cobalah Anda rumuskan judul penelitian yang paling cocok untuk dijadikan sebagai suatu penelitian sosial.
Jawab:
Pengaruh tayangan televisi terhadap prestasi siswa SD Negeri 1 Mulyorejo- Surabaya
2.Tentukan mana variabel dependent (variabel tergantung/terikat) dan variabel independent (variabel bebas) yang dapat Anda identifikasi dari masalah di atas.
Jawab:
Variabel dependen              : prestasi siswa SD Negeri 1 Mulyorejo-Surabaya
Variabel independen          : tayangan televisi

3.Coba tentukan jenis penelitian yang paling tepat. Jelaskan alasan anda.
Jawab:
Penelitian korelasional. Karena Penelitian korelasional bertujuan mengungkapkan hubungan korelatif antar variabel, Hubungan korelatif mengacu pada kecenderungan bahwa variasi suatu variabel diikuti variasi variabel yang lain. Dengan demikian, dalam rancangan penelitian korelasional peneliti melibatkan minimal dua variabel. Dalam kasus ini, variabel nya adalah tayangan televisi dan dampaknya terhadap prestasi siswa.
4. Uraikan desain penelitian yang seharusnya dipilih bagi penelitian ini.
Jawab:
Desain yang sering digunakan dalam penelitian korelasional adalah cross-sectinal. cross-sectinal  mempelajari dinamika hubungan hubungan atau korelasi antara faktor-faktor risiko dengan dampak atau efeknya. Faktor risiko dan dampak atau efeknya diobservasi pada saat yang sama, artinya setiap subyek penelitian diobservasi hanya satu kali saja dan faktor risiko serta dampak diukur menurut keadaan atau status pada saat observasi. Angka rasio prevalensi memberi gambaran tentang prevalensi suatu penyakit di dalam populasi yang berkaitan dengan faktor risiko yang dipelajari atau yang timbul akibat faktor-faktor risiko tertentu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar