Sakura Loves You

Minggu, 09 Oktober 2016

TUGAS 1 KOMUNIKASI BISNIS.01(EKMA4159.01)



1.      Sebutkan dan jelaskan beberapa keterampilan khusus yang diperlukan dalam komunikasi bisnis
Jawab:

-Membaca :
Dengan kita membaca kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan yang sebelumnya kita tidak tahu menjadi tahu dan dapat berguna dalam proses suatu komunikasi.

-Mendengar :
Mendengarkan adalah Merespon atau menerima bunyi secara disengaja. Memperhatikan dengan baik apa yang dikatakan oleh orang lain yang merupakan proses komunikasi kita dengan konsumen,karyawan dan pemasok.

-Berbicara :
Berbicara adalah  Kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekpresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan.
Dan berbicara merupakan proses komunikasi antara kita dan orang lain(Customer).

-Wawancara :
 Wawancara adalah pertemuan dua orang atau lebih dengan maksud untuk menggali
 informasi baik berupa fakta atau pendapat seseorang untuk tujuan tertentu.


-Berdiskusi dengan kelompok-kelompok kecil :
       Berdiskusi adalah pertemuan beberapa orang untuk saling mentukar
       informasi,masukan,atau pertanyaan.

-Presentasi :
 Presentasi adalah suatu cara dimana kita menjelaskan tujuan kita melalui suatu media
 Yang tujuannya dapat di mengerti orang yang mendengarkannya dan itu merupakan hal
 Yang penting dalam komunikasi bisnis.
 
-Menulis Surat,Memo dan Laporan :
 Menulis berfungsi sebagai media komunikasi dalam bentuk tulisan yang dapat di
 Pahami dan di mengerti orang lain untuk menyampaikan pesan atau penjelasan dan
 Merupakan hal yang penting untuk komunikasi bisnis.

2.      Komunikasi mempunyai peranan penting bagi suatu organisasi. Jelaskan secara singkat !
Jawab:

-Komunikasi vertikal
 Bentuk komunikasi ini merupakan bentuk komunikasi yang terjadi dari atas ke bawah
 dan sebaliknya. Artinya komunikasi yang disampaikan pimpinan kepada bawahan, dan
 dari bawahan kepada pimpinan secara timbal balik.

    Fungsi komunikasi ke bawah digunakan pimpinan untuk:
a. Melaksanakan kebijaksanaan, prosedur kerja, peraturan, instruksi, mengenai
b. pelaksanaan kerja bawahan,menyampaikan pengarahan doktrinasi, evaluasi, teguran.
c. Memberikan informasi mengenai tujuan organisasi, kebijaksanaan-kebijaksaan organisasi, insentif.
-Komunikasi diagonal
 Bentuk komunikasi ini sering disebut juga komunikasi silang. Berlangsung dari
 seseorang kepada orang lain dalam posisi yang berbeda. Dalam arti pihak yang satu tidak
 berada pada jalur struktur yang lain.
 Fungsi komunikasi diagonal digunakan oleh dua pihak yang mempunyai level berbeda
 tetapi tidak mempunyai wewenang langsung kepada pihak lain

3.      Apa perbedaan antara saluran komunikasi formal dengan saluran informasi informal ?. Jelaskan secara singkat tapi padat
jawab:

Komunikasi formal adalah suatu proses komunikasi yang bersifat resmi dan biasanya dilakukan di dalam lembaga formal melalui garis perintah atau sifatnya instruktif , berdasarkan struktur organisasi oleh pelaku yang berkomunikasi sebagai petugas organisasi dengan status masing - masing yang tujuannya menyampaikan pesan yang terkait dengan kepentingan dinas.

Komunikasi informal adalah komunikasi antara orang yang ada dalam suatu organisasi , akan tetapi tidak direncanakan atau tidak ditentukan dalam struktur organisasi. komunikasi informal akan untuk memenuhi kebutuhan sosial , mempengaruhi orang lain , dan mengatasi kelambatan komunikasi formal yang biasanya cenderung kaku dan harus melalui berbagai jalur terlebih dahulu .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar