Sakura Loves You

Minggu, 09 Oktober 2016

TUGAS 2 AUDIT MANAJEMEN (EKSI4413.02)



Apabila saudara sebagai seorang auditor kemudian ditugaskan untuk mengaudit PT TEGUH MANDIRI. PT TEGUH MANDIRI merupakan perusahaan dibidang jasa percetakan yang memiliki pegawai yang cukup banyak dan tersebar dibeberapa kantor cabang. Setiap kantor cabang memiliki wewenang dalam penilaian dan pembayaran gaji setiap pegawainya. Pada audit ini saudara ditugaskan untuk melakukan audit manajemen fungsi SDM. Coba uraikan potensial audit untuk PT TEGUH MANDIRI atas fungsi SDM-nya dan jelaskan prosedur audit fungsi SDM dalam 2 elemen dasar yaitu prosedur audit kendali keuangan dan prosedur audit operasional. Uraikanlah prosedur tersebut yang disesuaikan dengan jenis perusahaannya.

JAWAB:
Prosedur audit fungsi SDM PT Teguh Mandiri adalah sebagai berikut :
1.    Prosedur audit kendali keuangan
a.    Mendapatkan pemahaman tentang bagaimana proses anggaran berjalan dalam fungsi sumber daya manusia dan menetukan apakah proses tersebut konsisten dengan prosedur penganggaran lain dalam perusahaan dan mencatat jika tidak ada perbedaan.
b.    Menilai apakah sistem organisasi standar digunakan dalam proses audit sumber daya manusia. Jika menggunakan sistem keuangan yang unik maka maka perlu dijelaskan prosesnya dan mendokumentasikan dengan aplikasi keuangan yang lain.
c.    menentukan apakah aktivitas –aktivitas sumber daya manusia diidentifikasikan secara jelas dan dibebankan ke akun sumber daya manusia yang sesuai.
d.    Membandingkan saldo biaya upah atau gaji tahun berjalan dengan tahun sebelumnya atau dengan biaya yang dianggarkan sebagai indikasi dari kemungkinan adanya kewajiban yang dinyatakan terlalu rendah atau belum dicapai.
e.    Mendapatkan daftar laporan buku besar yang mencakup operasi sumber daya manusia dan menelusuri beban sumber daya manusia yang direview ke ayat jurnal di buku besar dan mendiskusikan alasan untuk setiap perbedaan dengan manajemen akuntansi.
f.     Mengikhtisarkan dan mendokumentasikan setiap kekhawatiran manajemen atas audit manajemen fungsi sumber daya manusia, mediskusikan dengan manajemen terkait dan mempertimbangkan sebagai temuan audit yang potensial.
2.    Prosedur audit operasional
a.    mereviu prosedur sumber daya manusia yang dipublikasikan untuk menilai apakah prosedur tersebut lengkap, mutakhir dan tersedia untuk manajer dan pegawai untuk mengetahuinya.
b.    memilih sampel perusahaan dan menentukan pegawai yang direviu dan dievaluasi sesuai dengan kebijakan perusahaan, kesesuaian gaji, dan catatan pegawai yang lengkap
c.    mengidentifikasi pegawai yang belum dievaluasi sesuai standar dan mengivestigasi alasan terjadinya hal tersebut
d.    menentukan kelayakan prosedur yang ada untuk menyimpan dokumen yang diharuskan pemerintah. mendiskusikan proses tersebut dan menilai apakah pelaporan yang ada sudah terbaru.
e.    mereviu prosedur untuk merekrut, mempekerjakan, memberhentikan, dan pengunduran diri pegawai.
f.     mereviu prosedur yang ada untuk menciptakan komunikasi pegawai dan timbal balik atas setiap pertanyaan pegawai.
g.    mereviu prosedur yang ada untuk mendisiplinkan pegawai dengan menilai apakah semua tindakan didokumentasikan dan prosedurnya konsisten untuk semua pegawai.
h.    mengevaluasi kecukupan sistem pencatatan sumber daya manusia, termasuk pengendalian back up dan keamanan.
i.      mereviu prosedur yang ada untuk promosi pegawai dengan menilai apakah didokumentasi lengkap dan memeriksa apakah prosedur tersebut telah diterapkan secara konsisten

1 komentar: