Sakura Loves You

Minggu, 09 Oktober 2016

TUGAS 2 Metode Penelitian Sosial (MPS) (ISIP4216)



1.Seorang peneliti ingin melakukan penelitian tentang “Tingkat Partisipasi Mahasiswa UT dalam Pemanfaatan Toko Buku Online (TBO-UT)”. Untuk memudahkan penyusunan instrumen penelitian, maka peneliti telah menentukan operasionalisasi konsep dari partisipasi mahasiswa adalah "kesediaan mahasiswa untuk memanfaatkan TBO", yang diukur dari usaha untuk mencari informasi tentang TBO-UT, aksebilitas terhadap TBO-UT, dan proses pemesanan bahan ajar. Disamping itu, peneliti juga telah menentukan indikator apa saja yang perlu diukur dalam penyusunan instrumen penelitian, sebagai berikut:
Konsep
Variabel
Kategori
Dimensi
Indikator
partisipasi
Tingkat partisipasi mahasiswa
·Tinggi
·Rendah
Mencari informasi TBO
-Sumber informasi TBO
-Memiliki panduan TBO



Pemesanan bahan ajar
-Sudah pernah memesan
-Berapakali memesan
-Jumlah pemesanan



Aksebilitas
-Akses membuka TBO
-Lama pemesanan
-Kesulitan pemesanan
-Cara mengatasi
Berdasarkan operasionalisasi konsep tentang partisipasi sebagaimana terlihat pada tabel di atas, buatlah instrumen penelitian dengan mempertimbangkan validitas dan reabilitas yang baik. Sebutkan pula tingkat signifikanasi validitas dan reliabilitas instrumen yang Anda buat itu.
Jawaban:

- Apakah anda sudah mengetahuI tentang TBO (Toko Buku Online) UT?
a. sudah tahu
b. belum tahu

- Dari mana anda mengetahui tentang TBO-UT?
a. teman
b. internet
c. lainnya ………………………………………………………..

- Apakah anda sudah memiliki panduan TBO-UT ?
a. sudah
b. belum

- apakah anda pernah memesan buku melalui TBO-UT?
a. pernah
b. belum pernah

- jika pernah, berapa kali anda sudah memesan buku melalui TBO-UT?
a. satu kali
b. lebih dari satu kali

- jika pernah, berapa jumlah pemesanan yang sudah anda lakukan?
a.< Rp. 100.000
b.Rp.100.000 – Rp.200.000
c. >Rp.200.000

- Apakah anda mengalami kesulitan dalam mengakses TBO-UT?
a. iya
b. tidak

- berapa lama pemesanan melalui TBO-UT?
a. 1 hari
b. >1 hari

- apakah anda mengalami kesulitan dalam melakukan pemesanan melalui TBO-UT?
a. iya
b. tidak

- jika iya, bagaimana cara anda mengatasi kesulitan tersebut?
a. menghubungi nomer telepon yang tertera pada kontak
b. mengirim e-mail yang tertera pada kontak
c. lainnya …………………………………………………….

2. Di bawah ini ada beberapa contoh pertanyaan dalam instrumen penelitian. Cobalah Anda tentukan, apakah pertanyaan berikut ini sudah benar atau belum. Jika belum, cobalah perbaiki dan berikan alasannya. Jadi jawaban Anda tidak boleh hanya sekedar jawaban Ya atau Tidak.
1.Apakah Anda setuju jika pelaksanaan kenaikan BBM bersubsidi ditunda?
√Ya
b. Tidak
jawab : belum benar. Karena pertanyaan tersebut tidak memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi. Pertanyaan yang sesuai adalah “ menurut anda, apakah kenaikan harga BBM harus ditunda?”
2.Jika Anda setuju, berapa lama penundaan yang menurut Anda layak?
a. 1 bulan
b. 6 bulan
√1 tahun
jawab: sudah benar, karena pertanyaan tersebut sudah sesuai dengan indikator.
3. Apakah menurut Anda sistem subsidi BBM yang ada saat ini sebaiknyadiperbaiki?”
a. Ya
b. Tidak
jawab: belum benar. Karena pertanyaan tersebut kurang tepat dalam memenuhi indikator yang diharapkan. Pertanyaan yang sesuai adalah ”menurut anda, apakah sistem subsidi BBM saat ini sudah baik?”

3. Cobalah Anda membuat sebuah instrumen penelitian untuk mengukur variabel-variabel yang ada didalam contoh kasus berikut ini.
Seorang karyawan baru di sebuah perusahaan swasta terkemuka di Jakarta berencana akan menabungkan setengah dari gaji yang diterimanya per bulan di Bank Mandiri. Berbekal pengetahuan yang didapatnya selama kuliah MPS di Universitas Terbuka, maka ia mencoba melakukan penelitian untuk mengetahui ”bagaimana tingkat kepuasan nasabah Bank Mandiri”. Menurutnya pelayanan yang diterima nasabah dengan harapan yang dimiliki dapat menentukan tingkat kepuasan nasabah. Kepuasan diartikan sebagai terpenuhinya harapan menjadi kenyataan yang ada. Harapan nasabah antara lain adanya kemudahan proses pendaftaran, tersedianya ATM, bunga bank yang ditawarkan tinggi, serta jaminan keamanan tabungan nasabah. Tingkat kepuasan ini muncul akibat adanya pelayanan yang diberikan oleh Bank Mandiri. Dengan demikian, semakin baik pelayanan yang diberikan bank, semakin tinggi pula tingkat kepuasan nasabah.
Jawaban:
Konsep
Variabel
Kategori
Dimensi
Indikator
kepuasan
Tingkat kepuasan nasabah
·Tinggi
·Rendah
Proses pendaftaran
-kesulitan dalam pendaftaran
-cara mengatasi



Tersedianya ATM
-Sudah memiliki ATM card
- tersedianya mesin ATM



Bunga Bank
- bunga bank tinggi



Jaminan keamanan
-keamanan tabungan

-          Apakah anda mengalami kesulitan dalam melakukan pendaftaran di Bank Mandiri ?
a.       Iya
b.      Tidak


-          Jika iya, bagaimana cara anda mengatasi kesulitan tersebut ?
a.       Menghubungi call center Bank Mandiri
b.      Menanyakan langsung pada teller Bank Mandiri
c.       Lainnya………………………………………………………………


-          Apakah anda sudah memiliki ATM card ?
a.       Sudah
b.      Belum



-          Apakah anda mengalami kesulitan dalam menemukan mesin ATM Mandiri ?
a.       Iya
b.      Tidak

-          Menurut anda, apakah mesin ATM mandiri sudah cukup banyak tersedia ?
a.       sudah
b.      belum

-          menurut anda, apakah bunga yang ditawarkan oleh Bank Mandiri terlalu tinggi ?
a.       iya
b.      tidak


-          Menurut anda, apakah jaminan tabungan nasabah saat ini sudah baik ?
a.       Sudah
b.      Belum

7 komentar:

  1. thanks banyak mba Suci
    sangat bermanfaat , semoga kebaikan mba Suci di terima Allah

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. terimakasih mbak...

    BalasHapus
  4. terima kasih mbak suci.salam kenal ya.

    BalasHapus
  5. Terima kasih kak sangat membantu sekali blognya :) apalagi ada lagunya duh betah jadinya kebetulan lagu yang di puter lagu jang geun suk dan lagu korea yang kebetulan hafal semua ;) jadi makin seneng

    BalasHapus
  6. terimakasih ya mb.Semoga tambah sukses

    BalasHapus