1.Seorang peneliti ingin melakukan
penelitian tentang “Tingkat Partisipasi Mahasiswa UT dalam Pemanfaatan Toko
Buku Online (TBO-UT)”. Untuk memudahkan penyusunan instrumen penelitian, maka
peneliti telah menentukan operasionalisasi konsep dari partisipasi mahasiswa
adalah "kesediaan mahasiswa untuk memanfaatkan TBO", yang diukur dari
usaha untuk mencari informasi tentang TBO-UT, aksebilitas terhadap TBO-UT, dan
proses pemesanan bahan ajar. Disamping itu, peneliti juga telah menentukan indikator apa saja yang perlu
diukur dalam penyusunan instrumen penelitian, sebagai berikut:
Konsep
|
Variabel
|
Kategori
|
Dimensi
|
Indikator
|
partisipasi
|
Tingkat
partisipasi mahasiswa
|
·Tinggi
·Rendah
|
Mencari
informasi TBO
|
-Sumber
informasi TBO
-Memiliki
panduan TBO
|
Pemesanan
bahan ajar
|
-Sudah
pernah memesan
-Berapakali
memesan
-Jumlah
pemesanan
|
|||
Aksebilitas
|
-Akses
membuka TBO
-Lama
pemesanan
-Kesulitan
pemesanan
-Cara
mengatasi
|
Berdasarkan
operasionalisasi konsep tentang partisipasi sebagaimana terlihat pada tabel di
atas, buatlah instrumen penelitian dengan mempertimbangkan validitas dan
reabilitas yang baik. Sebutkan pula tingkat signifikanasi validitas dan
reliabilitas instrumen yang Anda buat itu.
Jawaban:
- Apakah anda sudah mengetahuI tentang TBO (Toko Buku
Online) UT?
a. sudah tahu
b. belum tahu
- Dari mana anda mengetahui tentang TBO-UT?
a. teman
b. internet
c. lainnya ………………………………………………………..
- Apakah anda sudah memiliki panduan TBO-UT ?
a. sudah
b. belum
- apakah anda pernah memesan buku melalui TBO-UT?
a. pernah
b. belum pernah
- jika pernah, berapa kali anda sudah memesan buku melalui
TBO-UT?
a. satu kali
b. lebih dari satu kali
- jika pernah, berapa jumlah pemesanan yang sudah anda
lakukan?
a.< Rp. 100.000
b.Rp.100.000 – Rp.200.000
c. >Rp.200.000
- Apakah anda mengalami kesulitan dalam mengakses TBO-UT?
a. iya
b. tidak
- berapa lama pemesanan melalui TBO-UT?
a. 1 hari
b. >1 hari
- apakah anda mengalami kesulitan dalam melakukan pemesanan
melalui TBO-UT?
a. iya
b. tidak
- jika iya, bagaimana cara anda mengatasi kesulitan
tersebut?
a. menghubungi nomer telepon yang tertera pada kontak
b. mengirim e-mail yang tertera pada kontak
c. lainnya …………………………………………………….
2. Di bawah ini ada beberapa contoh pertanyaan
dalam instrumen penelitian. Cobalah
Anda tentukan, apakah pertanyaan berikut ini sudah benar atau belum.
Jika belum, cobalah perbaiki dan berikan alasannya. Jadi jawaban Anda tidak
boleh hanya sekedar jawaban Ya atau Tidak.
1.Apakah Anda setuju jika pelaksanaan kenaikan BBM
bersubsidi ditunda?
√Ya
b. Tidak
jawab : belum benar. Karena pertanyaan tersebut tidak
memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi. Pertanyaan yang sesuai adalah
“ menurut anda, apakah kenaikan harga BBM harus ditunda?”
2.Jika Anda setuju, berapa lama penundaan yang menurut Anda
layak?
a. 1 bulan
b. 6 bulan
√1 tahun
jawab: sudah
benar, karena pertanyaan tersebut sudah sesuai dengan indikator.
3. Apakah menurut
Anda sistem subsidi BBM yang ada saat ini sebaiknyadiperbaiki?”
a. Ya
b. Tidak
jawab: belum
benar. Karena pertanyaan tersebut kurang tepat dalam memenuhi indikator yang
diharapkan. Pertanyaan yang sesuai adalah ”menurut anda, apakah sistem subsidi
BBM saat ini sudah baik?”
3. Cobalah Anda
membuat sebuah instrumen penelitian untuk mengukur variabel-variabel yang ada
didalam contoh kasus berikut ini.
Seorang karyawan
baru di sebuah perusahaan swasta terkemuka di Jakarta berencana akan
menabungkan setengah dari gaji yang diterimanya per bulan di Bank Mandiri.
Berbekal pengetahuan yang didapatnya selama kuliah MPS di Universitas Terbuka,
maka ia mencoba melakukan penelitian untuk mengetahui ”bagaimana tingkat
kepuasan nasabah Bank Mandiri”. Menurutnya pelayanan yang diterima nasabah
dengan harapan yang dimiliki dapat menentukan tingkat kepuasan nasabah.
Kepuasan diartikan sebagai terpenuhinya harapan menjadi kenyataan yang ada.
Harapan nasabah antara lain adanya kemudahan proses pendaftaran, tersedianya
ATM, bunga bank yang ditawarkan tinggi, serta jaminan keamanan tabungan
nasabah. Tingkat kepuasan ini muncul akibat adanya pelayanan yang diberikan
oleh Bank Mandiri. Dengan demikian, semakin baik pelayanan yang diberikan bank,
semakin tinggi pula tingkat kepuasan nasabah.
Jawaban:
Konsep
|
Variabel
|
Kategori
|
Dimensi
|
Indikator
|
kepuasan
|
Tingkat kepuasan
nasabah
|
·Tinggi
·Rendah
|
Proses
pendaftaran
|
-kesulitan
dalam pendaftaran
-cara
mengatasi
|
Tersedianya
ATM
|
-Sudah
memiliki ATM card
- tersedianya
mesin ATM
|
|||
Bunga Bank
|
- bunga bank tinggi
|
|||
|
|
|
Jaminan
keamanan
|
-keamanan tabungan
|
-
Apakah anda mengalami kesulitan dalam melakukan
pendaftaran di Bank Mandiri ?
a.
Iya
b.
Tidak
-
Jika iya, bagaimana cara anda mengatasi
kesulitan tersebut ?
a.
Menghubungi call center Bank Mandiri
b.
Menanyakan langsung pada teller Bank Mandiri
c.
Lainnya………………………………………………………………
-
Apakah anda sudah memiliki ATM card ?
a.
Sudah
b.
Belum
-
Apakah anda mengalami kesulitan dalam menemukan
mesin ATM Mandiri ?
a.
Iya
b.
Tidak
-
Menurut anda, apakah mesin ATM mandiri sudah
cukup banyak tersedia ?
a.
sudah
b.
belum
-
menurut anda, apakah bunga yang ditawarkan oleh
Bank Mandiri terlalu tinggi ?
a.
iya
b.
tidak
-
Menurut anda, apakah jaminan tabungan nasabah
saat ini sudah baik ?
a.
Sudah
b.
Belum
thanks banyak mba Suci
BalasHapussangat bermanfaat , semoga kebaikan mba Suci di terima Allah
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapusterimakasih mbak...
BalasHapusterima kasih mbak suci.salam kenal ya.
BalasHapusTerima kasih kak sangat membantu sekali blognya :) apalagi ada lagunya duh betah jadinya kebetulan lagu yang di puter lagu jang geun suk dan lagu korea yang kebetulan hafal semua ;) jadi makin seneng
BalasHapusterimakasih ya mb.Semoga tambah sukses
BalasHapus