1. Diferensiasi, biaya rendah, dan respons
yang cepat dapat dicapai saat manajer membuat keputusan efektif dalam sepuluh
wilayah Manajemen Operasi. Keputusan ini dikenal sebagaikeputusan operasi
(operation decisions). sebutkan sepuluh keputusan Manajemen Operasi yang
mendukung misi dan menerapkan strategi !
2. Jelaskan empat tahapan siklus produk !
3. Menurut anda pemasaran untuk barang
konsumsi, dan jasa sama saja?bagaimana kaitkannya dengan strategi segmentasi
pasar? Apa manfaat yang dapat diperoleh perusahaan dengan melakukan segmentasi
pasar?
4. Apa yang dimaksud dengan pemasaran
holistik?apa perbedaannya dengan pemasaran tradisional?tolong jelaskan
bagaimana pemasaran holistik membuat perusahaan dapat merancang penawaran
pemasaran yang unggul?
JAWABAN
1.
Sepuluh keputusan Manajemen
Operasi yang mendukung misi dan menerapkan strategi :
1. Mutu
2. Desain Barang dan Jasa
3. Desain Proses dan
Kapasitas
4. Seleksi Lokasi
5. Desain tata letak
6. Manusia dan sistem kerja
7. Manajemen dan rantai
pasokan
8. Persediaan
9. Penjadwalan
10. Pemeliharaan
2.
4 tahapan siklus produk :
1. Tahap perkenalan
(introduction).
pada tahap ini, barang mulai
dipasarkan dalam jumlah yang besar walaupun volume penjualannya belum tinggi.
Barang yang di jual umumnya barang baru (betul-betul baru) Karena masih berada
pada tahap permulaan, biasanya ongkos yang dikeluarkan tinggi terutama biaya
periklanan. Promosi yang dilakukan memang harus agfesif dan menitikberatkan
pada merek penjual. Di samping itu distribusi barang tersebut masih terbatas
dan laba yang diperoleh masih rendah.
2. Tahap pertumbuhan
(growth).
Dalam tahap pertumbuhan ini,
penjualan dan laba akan meningkat dengan cepat. Karena permintaan sudah sangat
meningkat dan masyarakat sudah mengenal barang bersangkutan, maka usaha promosi
yang dilakukan oleh perusahaan tidak seagresif tahap sebelumnya. Di sini
pesaing sudah mulai memasuki pasar sehingga persaingan menjadi lebih ketat.
Cara lain yang dapat dilakukan untuk memperluas dan meningkatkan distribusinya
adalah dengan menurunkan harga jualnya.
3. Tahap kedewasaan
(maturity)
Pada tahap kedewasaan ini
kita dapat melihat bahwa penjualan masih meningkat dan pada tahap berikutnya
tetap. Dalam tahap ini, laba produsen maupun laba pengecer mulai turun.
Persaingan harga menjadi sangat tajam sehingga perusahaan perlu memperkenalkan
produknya dengan model yang baru. Pada tahap kedewasaan ini, usaha periklanan
biasanya mulai ditingkatkan lagi untuk menghadapi persaingan.
4. Tahap kemunduran (decline)
Hampir semua jenis barang yang
dihasilkan oleh perusahaan selalu mengalami kekunoan atau keusangan dan harus
di ganti dengan barang yang baru. Dalam tahap ini, barang baru harus sudah
dipasarkan untuk menggantikan barang lama yang sudah kuno. Meskipun jumlah
pesaing sudah berkurang tetapi pengawasan biaya menjadi sangat penting karena
permintaan sudah jauh menurun.Apabila barang yang lama tidak segera
ditinggalkan tanpa mengganti dengan barang baru, maka perusahaan hanya dapat
beroperasi pada pasar tertentu yang sangat terbatas.
3.
Berbeda. Kaitannya strategi segmentasi pasar dengan pemasaran barang konsumsi dan jasa
adalah segmentasi pasar merupakan langkah pertama dalam strategi pemasaran tiga
tahap. Segmentasi pasar dapat menentukan
sasaran yg tepat dalam memasarkan barang atau jasa tsb.
Manfaat dari segmentasi
pasar:
1. Perusahaan akan dapat
mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam
pasar yang senantiasa berubah.
2. Dapat mendesign produk
yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
3. Dapat menentukan kampanye
dan periklanan yang paling efektif.
4. Dapat mengarahkan dana
promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan
keuntungan yang lebih besar.
5. Dapat digunakan untuk
mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode periode dimana reaksi pasar cukup
besar.
4.
Pemasaran Holistik merupakan suatu
konsep pemasaran menyeluruh, yaitu konsep dimana para pemasar berusaha untuk
meningkatkan kesadaran dari suatu kebutuhan konsumen agar didapat pendekatan
yang lebih lengkap dan menyatu (kohesif) sehingga melebihi aplikasi konsep
pemasaran secara tradisional.
Bedanya dengan pemasaran
tradisional adalah jangkauan holistic lebih luas dan lebih mengedepankan
hubungan jangka panjang.
pemasaran holistik membuat
perusahaan dapat merancang penawaran pemasaran yang unggul yaitu dengan sinergitas
tiga pelaku dalam industri yang terdiri dari, (i) pelanggan yaitu masyarakat
pengguna sebagai target pasar perusahaan, (ii) perusahaan yaitu pelaku usaha
dalam industri, dan (iii) pemasok yaitu salah satu pihak yang menunjang
kesinambungan pasokan barang perusahaan. Ketiga pelaku utama dalam industri itu
bertanggung jawab melakukan eksplorasi nilai, penciptaan nilai, dan penyampaian
nilai. mengelola rantai nilai ketiga pelaku tersebut agar mampu menghantarkan
produk yang berkualitas tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar