Sakura Loves You

Rabu, 11 November 2015

TUGAS 3 PENGANTAR BISNIS (EKMA 4111)



1. Diferensiasi, biaya rendah, dan respons yang cepat dapat dicapai saat manajer membuat keputusan efektif dalam sepuluh wilayah Manajemen Operasi. Keputusan ini dikenal sebagaikeputusan operasi (operation decisions). sebutkan sepuluh keputusan Manajemen Operasi yang mendukung misi dan menerapkan strategi !
2. Jelaskan empat tahapan siklus produk !
3. Menurut anda pemasaran untuk barang konsumsi, dan jasa sama saja?bagaimana kaitkannya dengan strategi segmentasi pasar? Apa manfaat yang dapat diperoleh perusahaan dengan melakukan segmentasi pasar?
4. Apa yang dimaksud dengan pemasaran holistik?apa perbedaannya dengan pemasaran tradisional?tolong jelaskan bagaimana pemasaran holistik membuat perusahaan dapat merancang penawaran pemasaran yang unggul?

JAWABAN

1.       Sepuluh keputusan Manajemen Operasi yang mendukung misi dan menerapkan strategi :

1. Mutu
2. Desain Barang dan Jasa
3. Desain Proses dan Kapasitas
4. Seleksi Lokasi
5. Desain tata letak
6. Manusia dan sistem kerja
7. Manajemen dan rantai pasokan
8. Persediaan
9. Penjadwalan
10. Pemeliharaan

2.       4  tahapan siklus produk :

1. Tahap perkenalan (introduction).
pada tahap ini, barang mulai dipasarkan dalam jumlah yang besar walaupun volume penjualannya belum tinggi. Barang yang di jual umumnya barang baru (betul-betul baru) Karena masih berada pada tahap permulaan, biasanya ongkos yang dikeluarkan tinggi terutama biaya periklanan. Promosi yang dilakukan memang harus agfesif dan menitikberatkan pada merek penjual. Di samping itu distribusi barang tersebut masih terbatas dan laba yang diperoleh masih rendah.

2. Tahap pertumbuhan (growth).
Dalam tahap pertumbuhan ini, penjualan dan laba akan meningkat dengan cepat. Karena permintaan sudah sangat meningkat dan masyarakat sudah mengenal barang bersangkutan, maka usaha promosi yang dilakukan oleh perusahaan tidak seagresif tahap sebelumnya. Di sini pesaing sudah mulai memasuki pasar sehingga persaingan menjadi lebih ketat. Cara lain yang dapat dilakukan untuk memperluas dan meningkatkan distribusinya adalah dengan menurunkan harga jualnya.

3. Tahap kedewasaan (maturity)
Pada tahap kedewasaan ini kita dapat melihat bahwa penjualan masih meningkat dan pada tahap berikutnya tetap. Dalam tahap ini, laba produsen maupun laba pengecer mulai turun. Persaingan harga menjadi sangat tajam sehingga perusahaan perlu memperkenalkan produknya dengan model yang baru. Pada tahap kedewasaan ini, usaha periklanan biasanya mulai ditingkatkan lagi untuk menghadapi persaingan.

4. Tahap kemunduran (decline)
Hampir semua jenis barang yang dihasilkan oleh perusahaan selalu mengalami kekunoan atau keusangan dan harus di ganti dengan barang yang baru. Dalam tahap ini, barang baru harus sudah dipasarkan untuk menggantikan barang lama yang sudah kuno. Meskipun jumlah pesaing sudah berkurang tetapi pengawasan biaya menjadi sangat penting karena permintaan sudah jauh menurun.Apabila barang yang lama tidak segera ditinggalkan tanpa mengganti dengan barang baru, maka perusahaan hanya dapat beroperasi pada pasar tertentu yang sangat terbatas.

3.       Berbeda. Kaitannya  strategi segmentasi pasar  dengan pemasaran barang konsumsi dan jasa adalah segmentasi pasar merupakan langkah pertama dalam strategi pemasaran tiga tahap. Segmentasi pasar  dapat menentukan sasaran yg tepat dalam memasarkan barang atau jasa tsb.
Manfaat dari segmentasi pasar:
1. Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
2. Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
3. Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif.
4. Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi   segmen yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
5. Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode         periode dimana reaksi pasar cukup besar.

4.       Pemasaran Holistik merupakan suatu konsep pemasaran menyeluruh, yaitu konsep dimana para pemasar berusaha untuk meningkatkan kesadaran dari suatu kebutuhan konsumen agar didapat pendekatan yang lebih lengkap dan menyatu (kohesif) sehingga melebihi aplikasi konsep pemasaran secara tradisional.
Bedanya dengan pemasaran tradisional adalah jangkauan holistic lebih luas dan lebih mengedepankan hubungan jangka panjang.
pemasaran holistik membuat perusahaan dapat merancang penawaran pemasaran yang unggul yaitu dengan sinergitas tiga pelaku dalam industri yang terdiri dari, (i) pelanggan yaitu masyarakat pengguna sebagai target pasar perusahaan, (ii) perusahaan yaitu pelaku usaha dalam industri, dan (iii) pemasok yaitu salah satu pihak yang menunjang kesinambungan pasokan barang perusahaan. Ketiga pelaku utama dalam industri itu bertanggung jawab melakukan eksplorasi nilai, penciptaan nilai, dan penyampaian nilai. mengelola rantai nilai ketiga pelaku tersebut agar mampu menghantarkan produk yang berkualitas tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar