Sakura Loves You

Rabu, 11 November 2015

TUGAS 2 PENGANTAR BISNIS (EKMA 4111)



1. Coba Anda jelaskan lingkup Hierarki tujuan organisasi !
2. Menurut anda apa tujuan dan manfaat perencanaan Sumber Daya Manusia?
3. Mengapa organisasi melakukan evaluasi kinerja?
4. Coba anda jelaskan Teori X dan Y dari Mcgregor, Teori dua faktor dari Herzberg (TWO-FACTOR THEORY) dan Teori tiga kebutuhan McCLELLAND (McCLELLAND THREE NEEDS THEORY) !


JAWABAN


1.       Hierarki adalah adanya hubungan antara atasan dengan bawahan didalam suatu organisasi, yang menyebabkan adanya garis komando; yang artinya hal ini menyebabkan adanya pelapisan atau tingkatan personil di dalam suatu organisasi.
2.       Tujuan perencanaan SDM adalah menghubungkan SDM yang ada untuk kebutuhan perusahaan pada masa yang akan datang untuk menghindari mismanajemen dan tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas.

Manfaat Perencanaan SDM :
- Perusahaan dapat memanfaatkan sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan secara lebih baik
- Melalui perencanaan sumber daya manusia yang matang, efektifitas kerja juga dapat lebih ditingkatkan apabila sumber daya manusia yang ada telah sesuai dengan kebutuhan perusahaan
- Produktivitas dapat lebih ditingkatkan apabila memiliki data tentang pengetahuan, pekerjaan, pelatihan yang telah diikuti oleh sumber daya manusia
- Perencanaan sumber daya manusia berkaitan dengan penentuan kebutuhan tenaga kerja di masa depan, baik dalam arti jumlah dan kualifikasinya untuk mengisi berbagai jabatan dan menyelengarakan berbagai aktivitas baru kelak
- Mengetahui pasar tenaga kerja. Pasar kerja merupakan sumber untuk mencari calon-calon sumber daya manusia yang potensial untuk diterima (recruiting) dalam perusahaan
- Rencana sumber daya manusia merupakan dasar bagi penyusunan program kerja bagi satuan kerja yang menangani sumber daya manusuia dalam perusahaan
- Acuan dalam menyusun program pengembangan sumber daya manusia.

3.       Organisasi perlu melakukan evaluasi kinerja untuk menjamin pencapaian sasaran dan tujuan organisasi dan juga untuk mengetahui posisi organisasi dan tingkat pencapaian sasaran organisasi, terutama untuk mengetahui bila terjadi keterlambatan atau penyimpangan supaya segera diperbaiki, sehingga sasaran atau tujuan tercapai.
4.       - Teori X dan Y diungkapkan oleh Douglas McGregor yang mengemukakan strategi kepemimpinan efektif dengan menggunakan konsep manajemen partisipasi. Konsep terkenal dengan menggunakan asumsi-asumsi sifat dasar manusia. Pemimpin yang menyukai teori X cenderung menyukai gaya kepemimpinan otoriter dan sebaliknya, seorang pemimpin yang menyukai teori Y lebih menyukai gaya kepemimpinan demokratik. Untuk kriteria karyawan yang memiliki tipe teori X adalah karyawan dengan sifat yang tidak akan bekerja tanpa perintah, sebaliknya karyawan yang memiliki tipe teori Y akan bekerja dengan sendirinya tanpa perintah atau pengawasan dari atasannya. Tipe Y ini adalah tipe yang sudah menyadari tugas dan tanggung jawab pekerjaannya.

Menurut teori X ini untuk memotivasi karyawan harus dilakukan dengan cara pengawasan yang ketat, dipaksa dan diarahkan supaya mereka mau bekerja sungguhsungguh. Jenis motivasi yang diterapkan adalah cenderung kepada motivasi negatif yakni dengan menerapkan hukuman yang tegas.

Tipe kepemimpinan teori X adalah otoriter sedangkan gaya kepemimpinannya berorientasi pada prestasi kerja.

Menurut teori Y ini untuk memotivasi karyawan hendaknya dilakukan dengan cara peningkatan partisipasi karyawan, kerjasama dan keterikatan pada keputusan. Tegasnya, dedikasi dan partisipasi akan lebih menjamin tercapainya sasaran.

Jenis motivasi yang diterapkan adalahg motivasi positif, sedangkan tipe kepemimpinannya adalah kepemimpinan partisipatif.

- Teori dua faktor dari Herzberg (TWO-FACTOR THEORY) : Prinsip dari teori ini adalah bahwa kepuasan kerja danketidakpuasan kerja merupakan dua hal yang berbeda. Artinya,kepuasan dan ketidakpuasan terhadap pekerjaan itu tidakmerupakan suatu variabel yang kontinyu. Diyakini bahwa faktoryang berhubungan dengan kinerja dapat dibagi dua, yaitu :1) Hygiene Factor yaitu meliputi status, hubungan antar manusia, supervisi, peraturan-peraturan perusahaan dan administrasi,jaminan dalam pekerjaan, kondisi kerja, gaji, dan kehidupanpribadi.2) Motivational Factor yaitu meliputi pekerjaan itu sendiri,tanggung jawab, kesempatan promosi, kemajuan dalam jabatan,dan pengakuan.Jadi apabila factor hygiene tidak mencukupi, maka akantimbul ketidakpuasan, namun jika semua factor hygienemencukupi, maka kepuasan hanya pada tingkat netral.Demikian pula bila motovator terpenuhi, maka akan mendorong kepuasan kerja lebih tinggi, namun apabila motivator tidak terpenuhi kepuasannya pada tingkat netral.

- Three Needs Theory dari David McClelland merupakan teori yang menyatakan bahwa individu dengan suatu kebutuhan yang kuat akan terdorong atau termotivasi untuk menggunakan tingkah laku yang sesuai guna memuaskan kebutuhan.
tiga kebutuhan manusia yaitu:
• Kebutuhan berprestasi (need for achievement), yaitu keinginan untuk melakukan sesuatu lebih baik dibandingkan sebelumnya.
• Kebutuhan untuk berkuasa (need for power), yaitu kebutuhan untuk lebih kuat, lebih berpengaruh terhadap orang lain.
• Kebutuhan afiliasi (need for affiliation), yaitu kebutuhan untuk disukai, mengembangkan, atau memelihara persahabatan dengan orang lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar