Sakura Loves You

Minggu, 15 November 2015

TUGAS 3 ILMU ALAMIAH DASAR (MKDU 4112)



Bagaimana cara pemanfaatan energi matahari secara maksimal sebagai pengganti energi dari minyak bumi?

JAWABAN

Pengembangan energi matahari sebagai sumber energi baru rupanya tidak lepas dari berbagai tantangan yang membuat pengembangannya menjadi sedikit terhambat. Pengembangan energi matahari sebagai sebuah energi alternatif masih membutuhkan biaya yang relatif besar karena harga sebuah perangkat sel fotovoltaik mencapai ribuan dolar. Padahal untuk membangkitkan listrik bagi kebutuhan seluruh Amerika Serikat diperlukan jutaan sel-sel fotovoltaik. Hal itu berarti harga untuk sebuah pembangkit listrik tenaga matahari akan semakin membangkak. Namun demikian, hal itu tidak menghentikan negara-negara maju untuk mengembangkan dan mulai menggunakan teknologi ini. Sebab mereka beranggapan bahwa kelak energi matahari akan dapat menggantikan energi dari bahan bakar fosil yang jumlahnya semakin berkurang. Penerapan energi matahari untuk beragam kebutuhan bisa menjadikan energi matahari sebagai energi alternatif yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Meskipun mahal pengembangan energi tenaga matahari tetap berpotensi menjadi sebuah energi alternatif yang kelak akan menggantikan energi dari bahan bakar fosil. Dimana kita kenal bahwa minyak bumi berasal dari sisa-sisa fosil mahluk hidup pada zaman purbakala.

Habisnya sumber bahan bakar fosil kelak akan menimbulkan kekacauan bagi kestabilan masyarakat dunia. Dapat dibayangkan, selama ini semua kegiatan industri yang kita lakukan bergantung sepenuhnya pada bahan bakar fosil. Sehingga apabila bahan bakar fosil habis maka dapat dipastikan seluruh kegiatan industri akan terhenti, ekonomi dunia runtuh seketika, dan masyarakat akan dilanda kekacauan akibat hilangnya energi untuk kegiatan sehari-hari. Pada saat krisis itu terjadi, perang untuk memperebutkan sumber energi yang tersisa-walaupun sumber energi yang tersisa sangatlah kecil-akan menjadi sesuatu yang logis. Namun demikian, sebelum bahan bakar fosil benar-benar habis dan krisis energi bertambah parah, para ilmuwan dan teknisi di seluruh dunia berjuang untuk mengatasi masalah krisis energi. Kini mereka telah bergerak maju untuk memulai pengembangan dan penggunaan energi alternatif untuk menggantikan energi dari bahan bakar fosil. Hingga saat ini ada beberapa energi yang berhasil dikembangkan oleh para ilmuwan dan teknisi, yaitu sumber energi nuklir, matahari, angin, energi fusi atom dan beberapa energi alternatif non fosil.

Prinsipnya: sinar matahari akan menembus kaca dari alat ini kemudian memanaskan gas yang terperangkap di bawah kaca. Gas suhu tinggi ini akan memasuki tower tertutup yang tingginya bisa mencapai 1000 meter vertikal. Oleh karena perbedaan suhu gas pada permukaan bumi dan 1000 meter diatas permukaan bumi, maka gas akan mengalir ke atas melalui tower ini. Aliran gas/udara tersebut akan memutar turbin gas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar