Sakura Loves You

Rabu, 24 Februari 2016

TUGAS 2 PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER (EKMA4212)



1.Jelaskan perbedaan antara jalurSimplex dan jalur Duplex!
Kedua nama ini adalah Sebuah Teknik Transmisi data lewat saluran. Jalur Transmisi Simplex hanya dapat mengirim ke satu arah saja, sedangkan yang dapat mengirim kedua arah tapi bergantian di sebut Half Duplex, yang dapat mengirim data dua arah dalam waktu yang bersamaan disebut Full Duplex.

2.Jelaskan cara simpan cakram magnetik!
1)      Jangan dibiarkan pada tempat yang panas (terkena sinar matahari atau api).
2)      Jangan terkena debu karena dapat mengganggu proses pembacaan cakram.
3)      Jangan di dekatkan dengan magnet karena magnet dapat menghapus isi cakramyang juga bersifat magnetic.
4)      Jangan menyentuh lubang kaca dari Cakram
5)      Jangan di lipat.
6)      Jangan terkena zat cair.

3.Jelaskan paket basis data relational IBM!
Paket Bisnis Data Relational IBM adalah “ D BASE”
Awal Dbase di buat oleh Perusahaan Ashton Tate dari Amerika yang di beri nama dBASE II, Paket ini hanya dapat dipakai pada Apple II. Kemudian dBASE di kembangkan lagi agar dapat di gunakan oleh computer generasi IBM PC, dengan nama penerusnya dBASE III dan terus di kembangkan lagi menjadi dBASE III Plus dhingga versi terbaru saat ini adalah dBASE IV. Paket dBASE ini mudah digunakan dan kemampuannya sangat banyak. Paket ini dapat bekerja dengan perintah perintah yang sederhana sekalipun.

4.Jelaskan tentang bahan penbuat memori!
Memori pada awal terciptanya computer adalah memori yang berbetuk cincin magnetis (magnetic core) dengan ukuran jari jarinya dalam hitungan millimeter saja, dan ditengahnya dipasang untai kawat yang berguna sebagai penghantar listrik. Prinsip kerjanya adalah bila cincin logam diberi arus listrik, alat ini otomatis akan membentuk medan magnet, dan bila medan magnet ini searah dengan jarum jam maka akan menghasilkan bahas biner yaitu 1 dan bila arah kebalikannya maka menyatakn 0.
Memori mengalami perkembangan dari para ahlinya dan ditemukanlah alat memori berbahan semi konduktor yaitu MOS ( Metal Oxide Semi Conduktor). Memori ini ber ukuran 1 sentimeter x 1 sentimeter, dengan kapasitas penyimpanan sangat besar hingga 16000 byte per buahnya. Disamping itu pula harganya jauh lebih murah.

5.Sebutkan dan jelaskan mengenai bahasa pemrograman!
Komputer membutuhkan bahasa mesin untuk mengoperasikannya, yang di sebut dengan Program. Bahasa Program berfungsi sebagai pengendali perangkat keras dalam mengolah data untuk memperoleh hasil. Awal mula Komputer di ciptakan, Biner adalah suatu program bahasa mesin berbentuk digit.
Bahasa Program Digit Biner ini sangat sulit untuk di pelajari, maka para ahli Terus mengembangkan dan menciptakan perangkat lunak yang mudah dan cepat dalam penterjemahannya ke dalam bahasa mesin (Biner) yaitu Interpreter dan Compiler.
Interpreter memiliki prinsip kerja untuk menterjemahkan program baris demi baris, sedangkan Compiler bisa sekaligus menterjemahkan sebuah program.


3 komentar: