Sakura Loves You

Rabu, 24 Februari 2016

TUGAS 1 MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (EKMA 4214)



Sebagai tugas pertama, carikan contoh satu kasus pelanggaran yang dilakukan oleh institusi/perusahaan dalam masa pre employment.

__________________________________________________________________________________
Pemerintah akan Kroscek Kebenaran: “Kong Kalikong” Rekrutmen Karyawan Lokal PTNNT

Posted by: redaksi24/10/2012
Taliwang, Gaung NTB
Dugaan adanya permainan orang dalam pada rekrutmen karyawan lokal PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) sebagaimana diungkapkan pegiat LSM (Gaung NTB edisi Kamis 18/10) kembali ditanggapi Pemerintah Daerah Kabupatren Sumbawa Barat melalui Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans), Manawari SSos.
Kepada Gaung NTB kemarin, mengaku tidak mengetahui prihal dugaan pelanggaran itu. Kendati menyatakan bahwa semua proses dalam perekrutan itu telah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan sebagai komitmen PT NNT dengan pemerintah daerah, Manawari berjanji akan menindaklnjutinya. “Akan kami tanyakan PT NNT. Bila benar, ini pelanggaran karena tidak pernah sepengetahuan kami sebagai perwakilan pemerintah,” ujarnya.
Ditempat terpisah, oknum karyawan PT NNT (ZB), membantah keterlibatan dirinya dalam komunikasi itu. Ia mengaku, semua komunikasi yang dilakukan via email dalam rekaman tersebut adalah sebatas hubungan kerja. “Jangan konfirmasi ke saya kalau tentang perekrutan, yang jelas komunikasi yang saya bangun adalah murni hubungan kerja,” tukasnya singkat.
Namun SJ–pejabat tinggi PTNNT yang disebut-sebut sebagai orang yang bertanggungjawab dalam rekrutmen itu gagal dikonfirmasi. Beberapa kali dihubungi, HP-nya mati.
Sebagaimana diberitakan sebelumnmya bahwa kelanjutan perekrutan 600 karyawan lokal untuk proyek batu hijau semakin memunculkan permasalahan, kini permasalahan itu diduga melibatkan langsung oknum karyawan PT NNT, penanggung jawab dalam perekrutan tersebut.
Pasalnya, oknum karyawan perusahaan raksasa tersebut, melakukan perekrutan tanpa sepengetahuan tim terpadu dan dinas tenaga kerja terkait yang nota bene tim verifikasi yang telah ditetapkan oleh dua
unsur (Pemda dan PT NNT, Red).
Demikian dibeberkan Juadi (33)–pegiat LSM Sumbawa Barat kepada media ini, bersama dengan sejumlah bukti rekaman komunikasi oknum karyawan (ZB) yang diperlihatkan kepada Gaung NTB.
Dalam dokumen rekaman tersebut, oknum karyawan PT NNT yang hanya karyawan setingkat supervisor (ZB) itu, melakukan komunikasi dengan dengan pejabat tinggi PT NNT (SJ), dimana dia (ZB) langsung merekomendasikan sejumlah nama yang terdaftar dalam daftar tunggu perektuan karyawan Batu Hijau.
“Jelas perlu dipertanyakan, jadi kita semakin ragu bahwa mekanisme itu berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Artinya, sangat kuat dugaan kita bahwa ada banyak kasus yang sama dalam mekanisme perekrutan itu. Dimana mereka secara sepihak melakukan perekrutan dalam Proyek Batu Hijau,” tegas Juadi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar