Sakura Loves You

Jumat, 01 April 2016

TUGAS 3 SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (EKSI4312)



1. Jelaskan tujuan dikembangkannya suatu sistem !
Tujuan Pengembangan Suatu Sistem
  1. Memperoleh pemahaman mengenai sistem berjalan
  2. Mengidentifikasikan dan memahami masalah-masalah
  3. Mengungkapkan masalah-masalah yang telah diidentifikasi dalam bentuk kebutuhan-kebutuhan informasi dan sistem
  4. Mengidentifikasikan secara jelas subsistem yang memiliki prioritas tinggi.


2. Bagaimana suatu sistem dapat berjalan
  1. Perencanaan sistem dan manajemen puncak
  2. Penetapan dewan pengarah perencanaan sistem
  3. Penetapan tujuan dan batasan keseluruhan
  4. Pengembangan perencanaan sistem informasi stratejik
  5. Identifikasi dan pemrioritasan area-area spesifik dalam organisasi sebagai fokus pengembangan sistem
  6. Pembuatan proposal sistem untuk mendukung dasar analisis dan perancangan awal subsistem tertentu
  7. Pembentukan tim untuk tujuan analisis dan perancangan awal system

3. Berikan satu contoh atau ilustrasi bagaimana Pengukuran Kinerja dilakukan
pengukuran kinerja pemerintah sering hanya mengacu pada input saja. Ukuran keberhasilan suatu instansi pemerintah sering ditekankan pada kemampuan instansi tersebut dalam menyerap anggaran. Jadi, suatu instansi dinyatakan berhasil jika dapat menyerap 100% anggaran pemerintah walaupun hasil maupun dampak yang dicapai dari pelaksanaan program tersebut masih berada jauh di bawah standar. Keberhasilan ini hanya ditekankan pada aspek input tanpa melihat tingkat output maupun outcomenya.
Dalam rangka memperoleh hasil pengukuran yang obyektif dan menyeluruh mencakup semua aspek yang bersifat tangible maupun intangible maka metode pengukuran kinerja harus didesaian sedemikian rupa sehingga bisa representatif selain juga applicable. Beberapa metode bisa digunakan dalam pengukuran kinerja Kantor Pemadam Kebakaran dengan modifikasi tertentu.
1. BALANCED SCORECARD
Mengukur kinerja Kantor Pemadam Kebakaran berdasarkan perspektif finansial, pelanggan, proses internal, serta inovasi dan pembelajaran.
2. BENEFIT COST ANALYSIS
Mengukur kinerja Kantor Pemadam Kebakaran berdasarkan hubungan cost terhadap output, manfaat, dan dampak yang ditimbulkan terhadap masyarakat baik yang bersifat tangible (nyata) dan intangible (tidak nyata). 
3. VALUE FOR MONEY
Mengukur kinerja Kantor Pemadam Kebakaran berdasarkan kriteria ekonomi, efisiensi, dan efektivitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar