1. Jelaskan peran daur hidup produk bagi
manajer dalam penentuan strategi pemasaran
·
Sebagai
peringatan bahwa kebijakan promosi, penetapan harga, dandistribusi seharusnya
disesuaikan semuanya mencerminkan posisiproduk pada kurva tersebut.
·
Menekankan
pentingnya peremajaan lini produk sewaktu-waktu jikamemungkinkan atau mengganti
dengan penawaran yang lebihmenjanjikan.
·
Memberikan
indikasi tentang perkembangan suatu produk yang dapatditerima oleh konsumen.
·
Mengidentifikasi
signifikansi tren penjualan
·
Memperkirakan
sifat persaingan, biaya, dan peluang pasar yang terusberubah
2. Sebutkan pengertian daur hidup produk .
Jelaskan uraian
sekilas dari tahap perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan, dan penurunan !
Product Life Cycle (PLC),
yaitu suatu grafikyang menggambarkan riwayat suatu produk sejak diperkenalkan kepasar sampai dengan ditarik dari pasar.
Menurut Mc Daniel et al (2008, p.322),daur hidup produk adalahsebuah metafora atau kiasan biologis yang menelusuri tahap-tahappenerimaan sebuah produk sejak perkenalannya (kelahirannya) sampaipenurunannya (kematiannya).
Product Life Cycle (PLC),
yaitu suatu grafikyang menggambarkan riwayat suatu produk sejak diperkenalkan kepasar sampai dengan ditarik dari pasar.
Menurut Mc Daniel et al (2008, p.322),daur hidup produk adalahsebuah metafora atau kiasan biologis yang menelusuri tahap-tahappenerimaan sebuah produk sejak perkenalannya (kelahirannya) sampaipenurunannya (kematiannya).
Menurut
Solomon et al (2008, p.281) mengungkapkan bahwa
daurhidup produk adalah sebuah konsep yang menjelaskan bagaimanaproduk-produk
mengalami empat tahap berbeda dari lahir sampai mati:perkenalan, pertumbuhan,
kedewasaan, penurunan.
Tahap
perkenalan
Pada
tahap perkenalan, pertumbuhan penjualan lambat karena produkbaru saja
dikenalkan kepada konsumen. Biaya yang dikeluarkan untukmenjaga keberadaan
produk di pasar sangat tinggi sehingga perusahaanbelum memperoleh laba.
Tahap
pertumbuhan
Pasar
dengan cepat menerima produk baru sehingga penjualan melonjakdan menghasilkan
keuntungan yang besar.
Tahap
kedewasaan
Periode
dimana pertumbuhan penjualan mulai menurun karena produksudah dapat diterima
oleh sebagian besar konsumen potensial.
Jumlahkeuntungan mantap, stabil atau menurun yang disebabkan olehmeningkatnya
biaya pemasaran untuk melawan persaingan yang ketat.
Tahap
kemuduran
Dalam tahap ini penjualan menurun dengan tajam diikuti denganmenurunnya
keuntungan yang diperoleh perusahaan
3. Sebutkan dua hal pokok dari perumusan
strategi pemasaran dalam daur hidup produk
Dua hal pokok dari perumusan strategi pemasaran :
Dua hal pokok dari perumusan strategi pemasaran :
1.Pasar
atau konsumen yang akan dilayani
2.Bauran
pemasaran (Product, Price, Place, Promotion)
•Tahap
Perkenalan
a.Strategi
peluncuran, yang meliputi : Strategi peluncuran cepat (rapid-skimmingstrategy ) merupakan peluncuran produk baru padaharga
tinggi dengan tingkat promosi yang tinggi.
Strategi peluncuran lambat (slow-skimmingstrategy) adalah peluncuran produk baru denganharga
tinggi dan sedikit promosi
b.Strategi
penetrasi, yang meliputi:
-Strategi penetrasi cepat (rapid-penerationstrategy)
merupakan peluncuran produk pada hargarendah dengan biaya promosi yang
besar.
-Strategi penetrasi lambat (slow-penerationstrategy)
merupakan peluncuran produk baru denganharga rendah dan tingkat promosi rendah.
Tahap
pertumbuhan :
Meningkatkan
kualitas produk dan menambah keistimewaanproduk baru, mencari segmen baru, mencari salurandistribusi
baru, serta melakukan promosi melalui iklan.
Tahap
kedewasaan:
a.modifikasi
pasar
b.modifikasi
produk
c.modifikasi
bauran pemasaran
Tahap
kemunduran:
a.Mencari
produk yang lemah
b.Membangkitkan
lagi produk yang lemah tersebut
c.Meninggalkan
produk tersebut
4. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi
panjangnya perbedaan waktu masing-masing tahap !
Siklus
pembelian kepada produk tersebut, Tersedianya dana penelitian,Kondisi
persaingan
5. Sebutkan strategi yang dapat ditempuh
untuk mempertahankan atau memperluas pasar
- Promosi yang lebih agresif
- Menciptakan penggunaan baru
- Mencari pemakai baru produk tersebut
- produk suatu perusahaan
- Promosi yang lebih agresif
- Menciptakan penggunaan baru
- Mencari pemakai baru produk tersebut
- produk suatu perusahaan
6. Sebutkan taktik pemasaran dalam daur hidup
produk:fokus strategis
Tahap Perkenalan
Tahap Perkenalan
·
Keunggulan
perintis pasar
·
Inventor/penemu
·
Perintis
produk
·
Perintis
pasar
·
Siklus
Persaingan
Tahap Pertumbuhan
·
Meningkatkan
kualitas produk dan menambahkan ciri produkyang baru serta gaya yang lebih
baik.
·
Menambahkan
model baru dan produk penyerta.
·
Memasuki
segmen pasar baru.
·
Meningkatkan
cakupan distribusinya dan memasuki salurandistribusi baru.
·
Beralih
dari iklan yang membuat orang menyadari produk(product-awareness advertising)
ke iklan yang membuat oranglebih memilih produk tertentu (product-preference
advertising).
·
Menurunkan
harga untuk menarik lapisan berikutnya yang terdiridari pembeli yang sensitif
terhadap harga.
Tahap Kedewasaan
Modifikasi
pasar
-
Memperluas
jumlah pemakai merek melalui:
•Menarik
orang yang bukan pemakai
•Memasuki
segmen pasar baru
•Memenangkan
pelanggan pesaing
-
Meyakinkan
pemakai merek sekarang untukmeningkatkan penggunaan dengan cara:
•Mencoba
membuat pelanggan menggunakanproduk itu lebih sering.
•Mencoba
menarik pemakai untuk menggunakanlebih banyak produk pada tiap peristiwa.
•Mencoba
menemukan penggunaan baru dariproduk.
Modifikasi
Produk
-
Peningkatan
kualitas, bertujuan untuk
meningkatkankinerja fungsional produk-daya tahan, keandalan,kecepatan,
rasa.
-
Peningkatan keistimewaan, bertujuan untukmenambah keistimewaan baru (seperti ukuran, berat,nahan, kelengkapan tambahan, aksesoris) yangmemperluas keanekaragaman, keamanan, ataukenyamanan
produk.
Modifikasi
Bauran Pemasaran
Harga, Distribusi,
Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Personal, Pelayanan
Tahap Penurunan
-
Meningkatkan
investasi perusahaan (untuk mendominasi ataumemperkuat posisi
persaingannya).
-
Mempertahankan level investasi perusahaan sampaiketidakpastian
tentang industri itu terselesaikan.
-
Mengurangi
level investasi perusahaan secara selektif, denganmelepas kelompok pelanggan
yang tidak menguntungkan,
sambilmemperkuat investasi perusahaan di tempat-tempat yangmenguntungkan
-
Menuai
(“memerah”) investasi perusahaan untuk memulihkankas secepatnya.
-
Melepaskan bisnis itu secepatnya dengan menjual asetnyamelaui
cara yang paling menguntungkan.
7. Jelaskan beberapa hal penyebab pertumbuhan
yang lambat dari tahap perkenalan !
-
Tertundanya perluasan kapasitas produksi
-
Masalah-masalah teknis
-
Terlambatnya distribusi produk ditingkat pengecer
akhir
-
Sedikitnya konsumen yang mampu membeli (jika hargaproduk
mahal)
8. Jelaskan hal-hal terkait strategi
perkenalan:
a. Penyebab
harga yang cenderung tinggi dalam tahap perkenalan .
-
Ongkos
produksi per unit masih tinggi untuk volume produksiyang masih terbatas.
-
Masalah
teknologi belum sepenuhnya dapat diatasi.
-
Biaya
promosi cukup tinggi, ditujukan untuk
memberitahukankepada pembeli potensial tentang produk baru tersebut,
mendorong untuk mencobanya, dan menjamin distribusinya.
b. Rasio
penetrasi dan pembelian ulang
-
merupakan suatu cara yang sederhana dan praktis untukmeramalkan
keberhasilan produk.
-
Penetrasi
menunjukkan proporsi pembeli yang mencobasuatu produk
-
Rasio
pembelian ulang menunjukkan persentase pembelipertama yang membeli kembali dalam periode waktutertentu.
c. Estimasi
dari rasio penetrasi dan pembelian ulang
merupakan cara untuk meramalkan pangsa pasar untuk sebuahproduk baru
merupakan cara untuk meramalkan pangsa pasar untuk sebuahproduk baru
d. Strategi
profil tinggi
merupakan strategi pemasaran dengan
menetapkan hargatinggi dan promosi tinggi.
e. Strategi
penetrasi preemtif
merupakan strategi pemasaran dengan
menetapkan hargarendah dan promosi tinggi
f. Strategi
penetrasi selektif
merupakan kombinasi antara penetapan harga
tinggi dantingkat aktivitas promosi yang
rendah.
g. Strategi
profil rendah
merupakan strategi pemasaran dengan
menetapkan hargarendah dan promosi rendah.
h. Alasan dilakukan strategi profil tinggi
-
Sebagian
besar pasar potensialnya masih belum menyadariterhadap produk tersebut
-
Sebagian dari
mereka yang telah menyadari produk tersebutingin memilikinya dan bersedia membayar berapa pun harganya
-
Perusahaan
menghadapi persaingan potensial dan berusahamembangkitkan kesukaan terhadap merek bagi pasarnya
i. Alasan dilaksanakan
strategi profil rendah
-
Pasarnya
sangat luas
-
Pasarnya sudah mempunyai kesadaran yang tinggi padaproduk
tersebut
-
Pasarnya
peka terhadap harga
-
Perusahaan
menghadapi pesaing-pesaing potensial.
9. Jelaskan hal-hal terkait strategi
pertumbuhan:
a.
Tanda-tanda produk pada tahap pertumbuhan
-
Adanya
pesaing baru yang mulai memasuki pasar
-
Perusahaan mulai mengadakan perbaikan terhadapproduknya
-
Harga
produk cenderung tetap
-
Kegiatan
promosi terutama periklanan dapat dikurangi
-
Penjualan
meningkat secara cepat.
b. Tahap
pertama dalam periode pertumbuhan berdasarkan kurva volume penjualan
yaitu penjualan meningkat dengan tingkat
kenaikan yangsemakin besar
c. Tahapan
kedua dalam periode pertumbuhan berdasarkan kurva volume penjualan
yaitu penjualan meningkat tetapi tingkat
kenaikannyasemakin kecil
d. Strategi
pemasaran pada tahap pertumbuhan melalui peningkatan kualitas produk
yaitu menambah variansi model atau fitur
produk lainnya
e. Strategi
pemasaran pada tahap
pertumbuhan dengan mencari segmen pasar baru
yaitu bila golongan pembeli lain yang
selama ini belummengetahui, belum berminat, ataupun belum membeli
produktersebut perlu didorong untuk bersedia membeli
f. Strategi
pemasaran pada tahap pertumbuhan melalui saluran distribusi baru
yaitu memperluas cakupan distribusi sehingga
pasarnyasemakin luas.
g. Strategi
pemasaran pada tahap pertumbuhan melalui periklanan
yaitu periklanan yang dilakukan tidak lagi
ditujukan untukmemperkenalkan produknya tetapi ditujukan untuk
meyakinkanpembeli bahwa produk perusahaan adalah yang terbaik
h. Tujuan
keputusan tentang penurunan harga dalam tahap pertumbuhan
yaitu untuk menguasai pangsa pasar yang luas
danmendapatkan laba yang tinggi
i. Latar
belakang pengambilan keputusan menguasai pasar
yaitu jika perusahaan ingin meraij posisi
dominan di pasaratau menguasai pasar yang luas maka harus dikeluarkan
banyakbiaya untuk perbaikan produk, untuk peningkatan promosi, danuntuk
menambah saluran distribusi.
j. Latar
belakang pengambilan keputusan mendapatkan laba tinggi
yaitu bila penguasaan pasar yang luas kurang
begitudianggap penting. Laba yang tinggi dapat dicapai denganmenekan biaya
serendah-rendahnya termasuk biaya promosi,perbaikan produk maupun perluasan
jaringan distribusinya.
10. Jelaskan hal-hal terkait strategi kedewasaan:
a. Kondisi tingkat penjualan dan pembelian
dalam tahap kedewasaan yang meningkat
penjualan
total meningkat dengan lambat karena sebagianpermintaan berasal dari pelanggan
atau pembeli lamasedangkan pembeli baru yang datang hanya sedikit.
b. Kondisi tingkat penjualan dan pembelian
dalam tahap kedewasaan yang stabil
volume
penjualan sudah tidak meningkat lagi, tetapi masihdalam kondisi yang konstan
karena seluruh permintaan berasaldari pelanggan atau pembeli lama. Jadi sudah
tidak ada lagipembeli baru yang datang.
c. Kondisi tingkat penjualan dan pembelian
dalam tahap kedewasaan yang menurun
tingkat
penjualan secara absolut mulai menurun karenabeberapa pelanggan sudah mulai
meninggalkan produk perusahaan dan membeli produk lain dari pesaing
termasukproduk pengganti.
d. Kondisi penjualan dan persaingan dalam
tahap kedewasaan
yaitu dalam
tahap kedewasaan tingkat penjualan mengalamipenurunan sehingga menimbulkan
kapasitas lebih dalamindustrinya. Namun, kelebihan kapasitas produksi tersebut
justrumendorong untuk bersaing secara lebih intensif, misalnyadengan menaikkan
anggaran promosi. Tindakan ini diimbaingioleh perusahaan lain dengan
meningkatkan riset danpengembangannya. Sampai pada batas tertentu
tindakan-tindakan tersebut tidak mendorong kenaikan dalam penjualansehingga
laba akan menurun. Pada akhirnya, pesaing-pesaingyang lemah akan jatuh dan
industrinya hanya terdiri ataspesaing-pesaing yang kuat.
e. Alternatif strategi modifikasi pasar
meliputi
mencari pembeli baru dan segmen pasar baru;menaikkan penggunaan di antara para
pelanggan; memperbaikikembali posisi mereknya.
f. Contoh produk dengan strategi mencari
pembeli baru dan segmen pasar baru
yaitu nilon
yang dulunya hanya dipakai untuk parasitsekarang digunakan untuk pakaian.
g. Contoh produk dengan strategi menaikkan
penggunaan
yaitu
obat-obatan seperti aspirin, dalam pembungkusnyatidak hanya disebutkan sebagai
obat penyembuh demam tetapi juga sebagai obat masuk angin, pilek dan sakit
kepala.
h. Contoh
produk dengan strategi memperbaiki kembali posisi merek
misalnya
minuman coklat yang semula untuk orang dewasasekarang juga untuk para remaja
dengan merek yang baru.
i. Alternatif strategi modifikasi produk
meliputi
perbaikan kualitas, perbaikan fitur, dan perbaikancorak.
j. Alternatif strategi bauran pemasaran
- Menurunkan harga untuk menarik segmen-segmen baru
- Mengadakan periklanan yang lebih menarik atau promosi lainyang lebih agresif
- Mengalihkan jalur distribusinya ke saluran distribusi yanglebih menguntungkan atau yang menghasilkan volume penjualanlebih besar.
11. Jelaskan hal-hal terkait strategi kemunduran:
a. Beberapa faktor yang mempengaruhi panjangnya
tahap kemunduran
·
Perubahan
dalam selera konsumen
·
Perubahan
kegiatan pesaing
·
Kebijakan
meninggalkan produk oleh perusahaan
b. Kondisi tingkat penjualan dalam tahap
kemunduran
Kondisi
penjualan menunjukkan arah yang semakin menurun.Penurunan tersebut berlangsung
cepat atau lambat. Denganmenurunnya penjualan, beberapa perusahaan akan terpaksakeluar
dari persaingan dan meninggalkan pasar yang ada untukmencari peluang di bidang
lain yang lebih menguntungkan.
c. Tujuan aktivitas periklanan dlm tahap
kemunduran
yaitu hanya
untuk mengingatkan konsumen bahwa produktersebut masih tersedia pasar meskupun
relatif sangat sedikit jumlahnya.
d. Strategi pemasaran yang dapat ditempuh dalam
tahap kemunduran
·
Mencari
produk yang lemah
·
Membangkitkan
lagi produk tersebut
·
Meninggalkan
produk tersebut
e. Aktivitas yang dapat dilakukan perusahaan
dari pencarian produk yang lemah
yaitu dengan
menyusun suatu sistem informasi yang dapatmenemukan produk-produk mana yang
benar-benar mengalamimasa kemunduran. Sehingga perusahaan perlu membentuk
timyang melakukan pemeriksaan periodik pada produknya.
f. Sistem dan prosedur pemeriksaan produk yang
lemah
·
Membentuk
dan menunjuk sebuah tim untukmengembangkan sebuah sistem pemeriksaan produk
yanglemah
·
Tim
tersebut mengadakan rapat untuk menentukan tujuandan prosedur yang berkaitan
dengan produk itu
·
Bagian
keuangan menyusun informasi tentang masing-masing produk selama beberapa tahun,
seperti informasitentang penjualan industri, penjualan perusahaan, biaya
perunit, harga per unit dan informasi lain.
·
Informasi
tersebut dianalisis, bisa menggunakan programkomputer, untuk menentukan produk
yang paling meragukan
·
Produk-produk
yang meragukan, setelah didaftar kemudiandilaporkan kepada manajer yang
berkepentingan, sepertimanajer produk sehingga ia dapat menentukan
urut-urutanproduk tersebut sesuai dengan tingkat keraguannya.
·
Tim audit
produk meneliti daftar urutan tersebut dankemudian memberikan saran sebagai
berikut: membiarkansaja seperti adanya, memodifikasi strategi pemasarannyaatau
meninggalkannya.
g. Cara-cara yang dapat ditempuh dari strategi
membangkitkan lagi produk yang lemah
·
Meningkatkan
upaya-upaya pada variabel bauran pemasaranyang dapat dimanfaatkan untuk
menghasilkan laba
·
Mengalihkan
produk tersebut ke segmen pasar yang baru.
·
Menemukan
dan mempromosikan penggunaan baru produktersebut kepada pembeli-pembeli yang
ada
h. Contoh
strategi membangkitkan produk
misalnya jika konsumen merasa puas pada sebuah
produktetapi tidak menyukai kemasannya, maka harga dan sistemdistribusi dapat
dipakai untuk menyelematkannya.
i.
Strategi yang dapat dilakukan dengan
meninggalkan produk
-
Membiarkan
saja dan menunggu sampai sampai tidak adapembelinya
-
Menjual
produk tersebut kepada perusahaan lain dengan caralisensi
j.
Contoh strategi meninggalkan produk
yaitu Jika
suatu perusahaan ingin membiarkan produktersebut maka akan lebih baik kalau semua
kegiatan promosidihentikan. Misalnya lisensi produk elektronik merek X dijual ke
perusahaan lain sehingga namanya berubah atau tetaptergantung kebijakan
perusahaan baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar