Sakura Loves You

Rabu, 24 Februari 2016

TUGAS 2 MANAJEMEN PEMASARAN (EKMA 4216)



1.      Jelaskan peran daur hidup produk bagi manajer dalam penentuan strategi pemasaran
·         Sebagai peringatan bahwa kebijakan promosi, penetapan harga, dandistribusi seharusnya disesuaikan semuanya mencerminkan posisiproduk pada kurva tersebut.
·         Menekankan pentingnya peremajaan lini produk sewaktu-waktu jikamemungkinkan atau mengganti dengan penawaran yang lebihmenjanjikan.
·         Memberikan indikasi tentang perkembangan suatu produk yang dapatditerima oleh konsumen.
·         Mengidentifikasi signifikansi tren penjualan
·         Memperkirakan sifat persaingan, biaya, dan peluang pasar yang terusberubah
2.      Sebutkan pengertian daur hidup produk . Jelaskan uraian sekilas dari tahap perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan, dan penurunan !

Product Life Cycle (PLC),
yaitu suatu grafikyang menggambarkan riwayat suatu produk sejak diperkenalkan kepasar sampai dengan ditarik dari pasar.

Menurut Mc Daniel et al (2008, p.322),daur hidup produk adalahsebuah metafora atau kiasan biologis yang menelusuri tahap-tahappenerimaan sebuah produk sejak perkenalannya (kelahirannya) sampaipenurunannya (kematiannya).
Menurut Solomon et al (2008, p.281) mengungkapkan bahwa daurhidup produk adalah sebuah konsep yang menjelaskan bagaimanaproduk-produk mengalami empat tahap berbeda dari lahir sampai mati:perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan, penurunan.
Tahap perkenalan
Pada tahap perkenalan, pertumbuhan penjualan lambat karena produkbaru saja dikenalkan kepada konsumen. Biaya yang dikeluarkan untukmenjaga keberadaan produk di pasar sangat tinggi sehingga perusahaanbelum memperoleh laba.
Tahap pertumbuhan
Pasar dengan cepat menerima produk baru sehingga penjualan melonjakdan menghasilkan keuntungan yang besar.

Tahap kedewasaan
Periode dimana pertumbuhan penjualan mulai menurun karena produksudah dapat diterima oleh sebagian besar konsumen potensial. Jumlahkeuntungan mantap, stabil atau menurun yang disebabkan olehmeningkatnya biaya pemasaran untuk melawan persaingan yang ketat.
Tahap kemuduran
Dalam tahap ini penjualan menurun dengan tajam diikuti denganmenurunnya keuntungan yang diperoleh perusahaan
3.      Sebutkan dua hal pokok dari perumusan strategi pemasaran dalam daur hidup produk

Dua hal pokok dari perumusan strategi pemasaran :
1.Pasar atau konsumen yang akan dilayani
2.Bauran pemasaran (Product, Price, Place, Promotion)
Tahap Perkenalan
a.Strategi peluncuran, yang meliputi : Strategi peluncuran cepat (rapid-skimmingstrategy ) merupakan peluncuran produk baru padaharga tinggi dengan tingkat promosi yang tinggi.
Strategi peluncuran lambat (slow-skimmingstrategy) adalah peluncuran produk baru denganharga tinggi dan sedikit promosi
 b.Strategi penetrasi, yang meliputi:
-Strategi penetrasi cepat (rapid-penerationstrategy) merupakan peluncuran produk pada hargarendah dengan biaya promosi yang besar.
-Strategi penetrasi lambat (slow-penerationstrategy) merupakan peluncuran produk baru denganharga rendah dan tingkat promosi rendah.
Tahap pertumbuhan :
Meningkatkan kualitas produk dan menambah keistimewaanproduk baru, mencari segmen baru, mencari salurandistribusi baru, serta melakukan promosi melalui iklan.
Tahap kedewasaan:
a.modifikasi pasar
 b.modifikasi produk
c.modifikasi bauran pemasaran
Tahap kemunduran:
a.Mencari produk yang lemah
b.Membangkitkan lagi produk yang lemah tersebut
c.Meninggalkan produk tersebut
4.      Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi panjangnya perbedaan waktu masing-masing tahap !
Siklus pembelian kepada produk tersebut, Tersedianya dana penelitian,Kondisi persaingan
5.      Sebutkan strategi yang dapat ditempuh untuk mempertahankan atau memperluas pasar

- Promosi yang lebih agresif
- Menciptakan penggunaan baru
- Mencari pemakai baru produk tersebut
- produk suatu perusahaan

6.      Sebutkan taktik pemasaran dalam daur hidup produk:fokus strategis

Tahap Perkenalan
·         Keunggulan perintis pasar
·         Inventor/penemu
·         Perintis produk
·         Perintis pasar
·         Siklus Persaingan
Tahap Pertumbuhan
·         Meningkatkan kualitas produk dan menambahkan ciri produkyang baru serta gaya yang lebih baik.
·         Menambahkan model baru dan produk penyerta.
·         Memasuki segmen pasar baru.
·         Meningkatkan cakupan distribusinya dan memasuki salurandistribusi baru.
·         Beralih dari iklan yang membuat orang menyadari produk(product-awareness advertising) ke iklan yang membuat oranglebih memilih produk tertentu (product-preference advertising).
·         Menurunkan harga untuk menarik lapisan berikutnya yang terdiridari pembeli yang sensitif terhadap harga.
Tahap Kedewasaan
Modifikasi pasar
-          Memperluas jumlah pemakai merek melalui:
•Menarik orang yang bukan pemakai
•Memasuki segmen pasar baru
•Memenangkan pelanggan pesaing
-          Meyakinkan pemakai merek sekarang untukmeningkatkan penggunaan dengan cara:
•Mencoba membuat pelanggan menggunakanproduk itu lebih sering.
•Mencoba menarik pemakai untuk menggunakanlebih banyak produk pada tiap peristiwa.
•Mencoba menemukan penggunaan baru dariproduk.
Modifikasi Produk 
-          Peningkatan kualitas, bertujuan untuk meningkatkankinerja fungsional produk-daya tahan, keandalan,kecepatan, rasa.
-          Peningkatan keistimewaan, bertujuan untukmenambah keistimewaan baru (seperti ukuran, berat,nahan, kelengkapan tambahan, aksesoris) yangmemperluas keanekaragaman, keamanan, ataukenyamanan produk.
Modifikasi Bauran Pemasaran
Harga, Distribusi, Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Personal, Pelayanan
Tahap Penurunan
-          Meningkatkan investasi perusahaan (untuk mendominasi ataumemperkuat posisi persaingannya).
-          Mempertahankan level investasi perusahaan sampaiketidakpastian tentang industri itu terselesaikan.
-          Mengurangi level investasi perusahaan secara selektif, denganmelepas kelompok pelanggan yang tidak menguntungkan, sambilmemperkuat investasi perusahaan di tempat-tempat yangmenguntungkan
-          Menuai (“memerah”) investasi perusahaan untuk memulihkankas secepatnya.
-          Melepaskan bisnis itu secepatnya dengan menjual asetnyamelaui cara yang paling menguntungkan.
7.      Jelaskan beberapa hal penyebab pertumbuhan yang lambat dari tahap perkenalan !
-          Tertundanya perluasan kapasitas produksi
-          Masalah-masalah teknis
-          Terlambatnya distribusi produk ditingkat pengecer akhir
-          Sedikitnya konsumen yang mampu membeli (jika hargaproduk mahal)

8.      Jelaskan hal-hal terkait strategi perkenalan:
a. Penyebab harga yang cenderung tinggi dalam tahap perkenalan .
-          Ongkos produksi per unit masih tinggi untuk volume produksiyang masih terbatas.
-          Masalah teknologi belum sepenuhnya dapat diatasi.
-          Biaya promosi cukup tinggi, ditujukan untuk memberitahukankepada pembeli potensial tentang produk baru tersebut, mendorong untuk mencobanya, dan menjamin distribusinya.
b. Rasio penetrasi dan pembelian ulang
-          merupakan suatu cara yang sederhana dan praktis untukmeramalkan keberhasilan produk.
-          Penetrasi menunjukkan proporsi pembeli yang mencobasuatu produk
-          Rasio pembelian ulang menunjukkan persentase pembelipertama yang membeli kembali dalam periode waktutertentu.
c. Estimasi dari rasio penetrasi dan pembelian ulang
    merupakan cara untuk meramalkan pangsa pasar untuk sebuahproduk baru

d. Strategi profil tinggi
    merupakan strategi pemasaran dengan menetapkan hargatinggi dan promosi tinggi.

e. Strategi penetrasi preemtif
    merupakan strategi pemasaran dengan menetapkan hargarendah dan promosi tinggi

f. Strategi penetrasi selektif
    merupakan kombinasi antara penetapan harga tinggi dantingkat aktivitas promosi yang
rendah.

g. Strategi profil rendah
    merupakan strategi pemasaran dengan menetapkan hargarendah dan promosi rendah.

h. Alasan dilakukan strategi profil tinggi
-          Sebagian besar pasar potensialnya masih belum menyadariterhadap produk tersebut
-          Sebagian dari mereka yang telah menyadari produk tersebutingin memilikinya dan   bersedia membayar berapa pun harganya
-          Perusahaan menghadapi persaingan potensial dan berusahamembangkitkan kesukaan  terhadap merek bagi pasarnya

i. Alasan dilaksanakan strategi profil rendah
-          Pasarnya sangat luas
-          Pasarnya sudah mempunyai kesadaran yang tinggi padaproduk tersebut
-          Pasarnya peka terhadap harga
-          Perusahaan menghadapi pesaing-pesaing potensial.


9.      Jelaskan hal-hal terkait strategi pertumbuhan:
a. Tanda-tanda produk pada tahap pertumbuhan
-          Adanya pesaing baru yang mulai memasuki pasar
-          Perusahaan mulai mengadakan perbaikan terhadapproduknya
-          Harga produk cenderung tetap
-          Kegiatan promosi terutama periklanan dapat dikurangi
-          Penjualan meningkat secara cepat.

b. Tahap pertama dalam periode pertumbuhan berdasarkan kurva volume penjualan
    yaitu penjualan meningkat dengan tingkat kenaikan yangsemakin besar

c. Tahapan kedua dalam periode pertumbuhan berdasarkan kurva volume penjualan
    yaitu penjualan meningkat tetapi tingkat kenaikannyasemakin kecil

d. Strategi pemasaran pada tahap pertumbuhan melalui peningkatan kualitas produk
    yaitu menambah variansi model atau fitur produk lainnya

e. Strategi pemasaran pada tahap pertumbuhan dengan mencari segmen pasar baru
    yaitu bila golongan pembeli lain yang selama ini belummengetahui, belum berminat, ataupun belum membeli produktersebut perlu didorong untuk bersedia membeli

f. Strategi pemasaran pada tahap pertumbuhan melalui saluran distribusi baru
   yaitu memperluas cakupan distribusi sehingga pasarnyasemakin luas.

g. Strategi pemasaran pada tahap pertumbuhan melalui periklanan
    yaitu periklanan yang dilakukan tidak lagi ditujukan untukmemperkenalkan produknya tetapi ditujukan untuk meyakinkanpembeli bahwa produk perusahaan adalah yang terbaik

h. Tujuan keputusan tentang penurunan harga dalam  tahap pertumbuhan
   yaitu untuk menguasai pangsa pasar yang luas danmendapatkan laba yang tinggi

i. Latar belakang pengambilan keputusan menguasai pasar
   yaitu jika perusahaan ingin meraij posisi dominan di pasaratau menguasai pasar yang luas maka harus dikeluarkan banyakbiaya untuk perbaikan produk, untuk peningkatan promosi, danuntuk menambah saluran distribusi.

j. Latar belakang pengambilan keputusan mendapatkan  laba tinggi
   yaitu bila penguasaan pasar yang luas kurang begitudianggap penting. Laba yang tinggi dapat dicapai denganmenekan biaya serendah-rendahnya termasuk biaya promosi,perbaikan produk maupun perluasan jaringan distribusinya.

10.   Jelaskan hal-hal terkait strategi kedewasaan:
a.    Kondisi tingkat penjualan dan pembelian dalam tahap kedewasaan yang meningkat
penjualan total meningkat dengan lambat karena sebagianpermintaan berasal dari pelanggan atau pembeli lamasedangkan pembeli baru yang datang hanya sedikit.

b.   Kondisi tingkat penjualan dan pembelian dalam tahap kedewasaan yang  stabil
volume penjualan sudah tidak meningkat lagi, tetapi masihdalam kondisi yang konstan karena seluruh permintaan berasaldari pelanggan atau pembeli lama. Jadi sudah tidak ada lagipembeli baru yang datang.

c.    Kondisi tingkat penjualan dan pembelian dalam tahap kedewasaan yang  menurun
tingkat penjualan secara absolut mulai menurun karenabeberapa pelanggan sudah mulai meninggalkan produk perusahaan dan membeli produk lain dari pesaing termasukproduk pengganti.

d.   Kondisi penjualan dan persaingan dalam tahap kedewasaan  
yaitu dalam tahap kedewasaan tingkat penjualan mengalamipenurunan sehingga menimbulkan kapasitas lebih dalamindustrinya. Namun, kelebihan kapasitas produksi tersebut justrumendorong untuk bersaing secara lebih intensif, misalnyadengan menaikkan anggaran promosi. Tindakan ini diimbaingioleh perusahaan lain dengan meningkatkan riset danpengembangannya. Sampai pada batas tertentu tindakan-tindakan tersebut tidak mendorong kenaikan dalam penjualansehingga laba akan menurun. Pada akhirnya, pesaing-pesaingyang lemah akan jatuh dan industrinya hanya terdiri ataspesaing-pesaing yang kuat.

e.    Alternatif strategi modifikasi pasar
meliputi mencari pembeli baru dan segmen pasar baru;menaikkan penggunaan di antara para pelanggan; memperbaikikembali posisi mereknya.

f.    Contoh produk dengan strategi mencari pembeli baru dan segmen pasar baru
yaitu nilon yang dulunya hanya dipakai untuk parasitsekarang digunakan untuk pakaian.

g.   Contoh produk dengan strategi menaikkan penggunaan
yaitu obat-obatan seperti aspirin, dalam pembungkusnyatidak hanya disebutkan sebagai obat penyembuh demam tetapi juga sebagai obat masuk angin, pilek dan sakit kepala.

h.    Contoh produk dengan strategi memperbaiki kembali posisi merek
misalnya minuman coklat yang semula untuk orang dewasasekarang juga untuk para remaja dengan merek yang baru.

i.      Alternatif strategi modifikasi produk
meliputi perbaikan kualitas, perbaikan fitur, dan perbaikancorak.

j.      Alternatif strategi bauran pemasaran

- Menurunkan harga untuk menarik segmen-segmen baru

- Mengadakan periklanan yang lebih menarik atau promosi lainyang lebih agresif
 
- Mengalihkan jalur distribusinya ke saluran distribusi yanglebih menguntungkan atau  yang menghasilkan volume penjualanlebih besar.

11.   Jelaskan hal-hal terkait strategi kemunduran:
a.        Beberapa faktor yang mempengaruhi panjangnya tahap kemunduran
·         Perubahan dalam selera konsumen
·         Perubahan kegiatan pesaing
·         Kebijakan meninggalkan produk oleh perusahaan
b.      Kondisi tingkat penjualan dalam tahap kemunduran
Kondisi penjualan menunjukkan arah yang semakin menurun.Penurunan tersebut berlangsung cepat atau lambat. Denganmenurunnya penjualan, beberapa perusahaan akan terpaksakeluar dari persaingan dan meninggalkan pasar yang ada untukmencari peluang di bidang lain yang lebih menguntungkan.

c.        Tujuan aktivitas periklanan dlm tahap kemunduran
yaitu hanya untuk mengingatkan konsumen bahwa produktersebut masih tersedia pasar meskupun relatif sangat sedikit jumlahnya.

d.       Strategi pemasaran yang dapat ditempuh dalam tahap kemunduran
·         Mencari produk yang lemah
·         Membangkitkan lagi produk tersebut
·         Meninggalkan produk tersebut
e.       Aktivitas yang dapat dilakukan perusahaan dari pencarian produk yang lemah
yaitu dengan menyusun suatu sistem informasi yang dapatmenemukan produk-produk mana yang benar-benar mengalamimasa kemunduran. Sehingga perusahaan perlu membentuk timyang melakukan pemeriksaan periodik pada produknya.

f.        Sistem dan prosedur pemeriksaan produk yang lemah
·         Membentuk dan menunjuk sebuah tim untukmengembangkan sebuah sistem pemeriksaan produk yanglemah
·         Tim tersebut mengadakan rapat untuk menentukan tujuandan prosedur yang berkaitan dengan produk itu
·         Bagian keuangan menyusun informasi tentang masing-masing produk selama beberapa tahun, seperti informasitentang penjualan industri, penjualan perusahaan, biaya perunit, harga per unit dan informasi lain.
·         Informasi tersebut dianalisis, bisa menggunakan programkomputer, untuk menentukan produk yang paling meragukan
·         Produk-produk yang meragukan, setelah didaftar kemudiandilaporkan kepada manajer yang berkepentingan, sepertimanajer produk sehingga ia dapat menentukan urut-urutanproduk tersebut sesuai dengan tingkat keraguannya.
·         Tim audit produk meneliti daftar urutan tersebut dankemudian memberikan saran sebagai berikut: membiarkansaja seperti adanya, memodifikasi strategi pemasarannyaatau meninggalkannya.
g.       Cara-cara yang dapat ditempuh dari strategi membangkitkan lagi produk yang lemah
·         Meningkatkan upaya-upaya pada variabel bauran pemasaranyang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan laba
·         Mengalihkan produk tersebut ke segmen pasar yang baru.
·         Menemukan dan mempromosikan penggunaan baru produktersebut kepada pembeli-pembeli yang ada
h.       Contoh strategi membangkitkan produk
 misalnya jika konsumen merasa puas pada sebuah produktetapi tidak menyukai kemasannya, maka harga dan sistemdistribusi dapat dipakai untuk menyelematkannya.

i.         Strategi yang dapat dilakukan dengan meninggalkan produk
-          Membiarkan saja dan menunggu sampai sampai tidak adapembelinya
-          Menjual produk tersebut kepada perusahaan lain dengan caralisensi
j.         Contoh strategi meninggalkan produk
yaitu Jika suatu perusahaan ingin membiarkan produktersebut maka akan lebih baik kalau semua kegiatan promosidihentikan. Misalnya lisensi produk elektronik merek X dijual ke perusahaan lain sehingga namanya berubah atau tetaptergantung kebijakan perusahaan baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar