Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, dan gunakan grafik apabila
diperlukan!
1. Jelaskan kondisi untuk memperoleh
keuntungan maksimal pada industri persaingan murni dalam jangka pendek.
2. Jelaskan dua pendekatan dalam
memaksimalkan keuntungan dari suatu perusahaan monopoli.
3. Jelaskan efek ekonomi dan persaingan bukan
harga pada persaingan monopolistik.
4. Apa yang dimaksud dengan kartel dan jelaskan jenis-jenisnya.
~Selamat bekerja~
JAWABAN
- Perusahaan pada persaingan murni adalah perusahaan yang merupakan penerima harga dan selanjutnya output tersebut dapat dijual dengan harga sesuai keinginan perusahaan kepada pasar yang berlaku.
Bila kondisi perusahaan MR = MC
(pendapatan marjinal =
biaya marjinal), ini merupakan satu faktor perusahaan memperoleh
keuntungan maksimal.
- a. Pendekatan Total :
Mengartikan bahwa pendapatan total (TR) berada pada tingkat selisih tertinggi
dengan biaya total (TC), maka keuntungan adalah maksimal, pada tingkat selisih
tertinggi inilah output perusahaan di akan diprodukssi.
b. Pendekatan Marjinal :
Mengartikan bahwa pendapatan marjinal
(MR) sama dengan biaya marjinal (MC)
maka keuntungan aalah maksimal.
- a. Alokasi, input tak optimal.
Bila kurva permintaan yg di hadapi oleh
setiap perusahaan bersinggungan dengan kurva AC maka setiap perusahaan tersebut
mengalami titik pulang pokok dan pasar akan berada dalam keseimbangan jangka
panjang.
Bila kurva permintaan mengalami
kemiringan negatif, maka persinggungan terjadi sebelah kiri titik terendah
kurva AC, terjadilah alokasi input yang terlalu sedikit dalam industri. Nilai P
di patok lebih tinggi dari MC.
Perusahaan memproduksi output lebih kecil dari pada tingkat output paling
efisien yang dapat menekan biaya rata-rata dan harga lebih tinggi dari harga
pasar industri persaingan murni.
Maka perusahaan berkerja pada tingkat
kapasitas pabrik yang rendah, perusahaan-perusahaan mematok harga lebih tinggi
agar mereka hanya dapat keuntungan normal saja dalam jangka panjang.
b. Diferensiasi produk dan Advertensi
Kemungkinan perusahaan melakukan
Diferensiasi produk agar dapat memperoleh keuntungan ekonomis Diferensiasi
produk dilakukan dengan berbagai tipe, gaya, merek, atau kualitas produk
tertentu.
Tujuan diferensiasi adalah untuk menarik
konsumen dalam memilih produk produk yang telah diferensiasi yang akhirnya
mempengaruhi posisi perusahaan didalam jangka panjang menjadi aman.
Tujuan Diferensiasi adalah untukkonsumen
dalamproduk-produk yang telah
Diferensiasi yang akhirnya mempengaruhi posisi perusahaan di dalam jangka
panjang.
- Kartel adalah bentuk persekutuan antara beberapa perusahaan sejenis di bawah suatu perjanjian tertentu atau juga bisa dikatakan suatu bentuk kolusi didalam oligopoli. Kartel merupakan kolusi perusahaan perusahaan oligopolis untuk mengontrol harga serta kuantitas yang diproduksi dalam industri demi kepentingan perushaan anggota.
- Macam macam kartel :
a. Kartel harga : tidak boleh menjual
dengan harga yang lebih rendah dari yang ditetapkan oleh anggota tetapi boleh
lebih tinggi.
b. Kartel Daerah : membagi daerah
pemasaran yang boleh dikuasai.
c. Kartel Produksi : menentukan luas
produksi masing-masing.
d. Kartel Kondisi : mengatur
syarat-syarat penjualan (penyerahan barang, tempat penjualan, penjualan tunai
atau kredit, potongan dan sebagainya).
e. Kartel Pembagian Laba : cara pembagian
dan besar laba yang diterima masing masing anggota.
assalamu alaikum apa kabar saya sering membuka blog ini apa mbk kuliah di ut ?
BalasHapusiya. makasih ya udah berkunjung ke blog ku
HapusMbak, izin copas ya,... utk tugas. Thanks, sangat bermanfaat
BalasHapusmksh banyak mbk...sdh banyak membantu menyelsaikan tugas2
BalasHapusizin copas mbak :) makasih banyak ya....
BalasHapussangat membantu :D , suwun yah mbak izin copas .
BalasHapus