Sakura Loves You

Senin, 10 April 2017

TUGAS 3 TAP


tugas III
TAP

 
 







Kerangkakonseptualbisabertindakseperti ‘peta’ yang memberikanketerkaitanlogissuatustudiempirisataupenelitian yang didasarkanpadapengalamanataufakta yang terjadidalamsuatutempatdankondisitertentu.Kebanyakanpenelitimenggunakankerangkakonseptualsebagaisuatuawaldalampenelitianmerekauntukmengklarifikasipermasalahandantujuandanpenelitian.Dalamakuntansi, kerangkakonseptualinimendasaripraktikakuntansi.
a.       Jelaskanmanfaatkerangkakonseptualseperti yang dinyatakanoleh AASB
Jawab:
1.       memberipengarahanataupedomenkepadabadan yang bertanggungjawabdalampenyusunan/penetapanstandartakuntansi
2.       menjadiacuandalammemecahkanmasalah-masalahakuntansi yang dijumpaidalampraktik yang perlakuannyabelumdiaturdalamstandartataupedomanspesifik
3.       menentukanbatas-bataspertimbangan (bounds for judgement) dalampenyusunanstatemenkeuangan
4.       meningkatkanpemahamanpemakaistatemenkeuangandanmeningkatkankeyakinanterhadapstatemenkeuangan
5.       meningkatkanketerbandinganstatemenkeuanganantarperusahaan
b.      PadaDesember 1985, FASB mengumumkan Concepts Statements (PernyataantentangKonsep) keenam yang memberikandasaruntukkerangkakonseptual. Jelaskankeenamkonsep yang dikeluarkanFASB tersebut
Jawab:
  • SFAC no. 1 “objective of financial reporting by business enterprises”, yang menyajikantujuandansasaranakuntansi.
  • SFAC no. 2 “qualitative caracteristics of accounting information”, yang menjelaskankarakteristik yang membuatinformasiakuntansibermanfaat.
  • SFAC no. 3 “element of financial statement of business enterprises”, yang memberikandefinisidaripos-pos yang terdapatdalamlaporankeuangansepertiaktiva, kewajiban, pendapatandanbeban.
  • SFAC no. 5 “recognition and measurement in financial statement of business enterprises”, yang menetapkankriteriapengakuandanpengukuran fundamental sertapedomantentanginformasi.
  • SFAC no. 6 “element of financial statement”, yang menggantikan SFAC no. 3 danmemperluas SFAC no. 3 denganmemasukkanorganisasi-organisasinirlaba.
  • SFAC no. 7 “using cash flow information and present value in accounting measurement”, yang memberikankerangkakerjabagipemakaianaruskasmasadepan yang diharapkandannilaisekarang (present value) sebagaidasarpengukuran



Tidak ada komentar:

Posting Komentar