Sakura Loves You

Jumat, 01 April 2016

TUGAS 3 PENGANGGARAN (EKMA4570)


jelaskan secara ringkas inti dari jurnal tersebut sesuai dengan pemahaman masing-masing maksimal 2 halaman.





Jawaban:




Penganggaran biaya merupakan salah satu usaha dari manajemen untuk memaksimalkan kinerjanya. Anggaran adalah rencana tindakan yang dinyatakan dalamsatuan uang untuk suatu periode tertentu,biasanya setiap tahun. Proses penyusunan anggaran merupakan ajang negoisasi antara manajer pusat tanggung jawab dengan atasannya untuk menentukan apa yang akan dilakukan manajer.
Pengendalian untuk proses mengarahkan sekumpulan variable untuk mencapai tujuan atau sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Pendapatan adalah arus masuk bruto manfaat ekonomi yang timbul dari aktivitas kegiatan operasi entitas perusahaan selama satu periode yang mengakibatkan kenaikan ekuitas. Biaya adalah penurunan manfaat ekonomi selama satu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar dalam mencari laba.
Pengendalian manajemen adalah semua metode,prosedur, dan sarana termasuk sistem pengendalian manajemen,yang digunakan manajemen untuk memastikan kebijakan dan strategi organisasi. Sistem akuntansi manajemen memainkan peranan yang penting dalam mengukur tindakan dan hasil serta dalam mendefinisakn penghargaan yang akan diterima oleh para individu.
Akuntansi pertanggungjawaban merupakan salah satu bagian dari sistem pengendalian manajemen yang mengukur kinerja dan mengevaluasi rencana dengan realisasi manajemen dari tiap tingkat manajemen dalam suatu perusahaan dengan menetapkan penghasilan dan biaya bagi departemen atau divisi yang memiliki tanggung jawab bersangkutan. Meskipun akuntansi dan pelaporan tanggung jawab adalah alat yang diterapkan secara luas,tetapi sering kali disalahpahami dan disalahgunakan.
Tujuan dari akuntansi dan pelaporan tanggung jawab adalah untuk menyediakan informasi yang dapat digunakan oleh manajemen untuk mengevaluasi efisiensi dari penggunaan sumber daya. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian adalah :
1. metode sejarah
2. metode penilitian deskriftif
untuk memperoleh data dan keterangan yang diperlukan untuk mendukung penilitian :
1. data primer
2. data sekunder
prosedur pengumpulan data yang dilakukan penulis :
1. data pustaka
2. studi lapangan
langkah terinci penyusunan anggaran :
1. anggaran perhitungan laba/rugi
Menggambarkan proyeksi pendapatan yang akan diperoleh dan biaya uang diperkirakan akan terjadi, serta hasil yang akan dicapai berupa laba atau rugipada akhir periode anggaran.
2. anggaran investasi
Menggambarkan estimasi pengeluaran untuk pembiayaan barang-barang modal.
3. anggaran kas
Proyeksi penerimaan dan pengeluaran kas serta perubahan bersih kas selamaperiode anggaran dan estimasi sisa kasyang tersedia pada akhir periode.
4. proyeksi neraca
Menggambarkan proyeksi tentang posisi keuangan perusahaan pada akhir tahun anggaran setelah seluruh rencana aktivitas selesai dilaksanakan.
5. proyeksi perubahan posisi keuangan
Terdiri dari :
1. Proyeksi sumber dan penggunaan dana
2. Proyeksi perubahan modal kerja
pada dasarnya kedua daftar tersebut disusun dengan membandingkan neraca proyeksi dua tahun berturut-turut yakni proyeksi neraca akhir tahun anggaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar