Sakura Loves You

Jumat, 01 April 2016

TUGAS 1 SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (EKSI4312)


Jelaskan sistem masukan, pemrosesan dan keluaran dalam data elektronik. Jelaskan secara singkat dan jelas, sertakan contoh, dan dibuat dalam 1 - 2 halaman 

JAWABAN:


 
Sistem pemrosesan Data Elektronik

Ø  Sistem Masukan
·         Sistem-sistam Masukan dengan kertas
Dalam beberapa sistem akuntansi yang terkomputerisasi, masukan-masukan ke sistem akuntansi berupa dokumen sumber yang di tulis tangan atau di ketik. Tahap pemrosesan masukan sebagai berikut:
ü     Penyiapan dan pelengkapan dokumen sumber
ü     Pengiriman dokumen-dokumen sumber ke pemrosesan data
ü     Masukan data
ü     Pengeditan data program

·         Sistem-sistem Masukan Tanpa kertas
Dalam sistem-sistem masukan tanpa kertas (paperless input system ) , kadang-kadang di sebut juga sistem masukan online, transaksi-transaksi di masukan secara langsung ke dalam jaringan komputer, dan pengetikan dalam dokumen sumber di kurangi.
Sistem masukan tanpa kertas membutuhkan intervensi manusia umumnya melalui 2 tahapan yaitu entry data dan edit data, dan transfer ke sistem aplikasi komputer pusat.
Sistem tanpa kertas yang tidak membutuhkan keterlibatan manusia, Transaksi-transaksi di proses dari awal sampai akhir tanpa keterlibatan manusia : pemrosesan transaksi otomatis secara penuh. Salah satu aplikasi tekhnologi ini adalah networked vending machine ( NVM ).
Ø  Sistem Pemrosesan
·         Sistem pemrosesan berdasar kertas
Transaksi-transaksi di masukkan kedalam komputer dalam batch yang di proses secara periodik. Contoh pemrosesan secara batch adalah laporan jam kerja mingguan untuk membuat cek pembayaran gaji.
Pemrosesan secara batch dengan pemutahiran file secara berurutan, pemrosesan dalam sistem semacam ini mencakup tahap-tahap berikut:
ü     Penyiapan file transaksi
ü     Pemutahiran file induk
ü     Pemutahiran buku besar
ü     Penyiapan laporan buku besar
Pemrosesan batch dengan pemutahiran file akses random, tahap-tahapnya sebagai berikut :
ü     atatan di baca dari file transaksi
ü     Nilai kunci catatan transaksi digunakan untuk mengakses secara random
ü     Catatan dalam file induk di mutahirkan dalam memori dan kemudian ditulis ulang ke       file data

·         Sistem pemrosesan tanpa kertas
Dalam sistem pemrosesan tanpa kertas , baik pemrosesan batch maupun tepat waktu dapat di lakukan . dengan pemrosesan tepat waktu, kadang-kadang disebut online realtime processing. Pemrosesan batch dalam sistem pemrosesan tanpa kertas mirip dengan pemrosesan batch dalam sistem berdasar kertas. Perbedaannya adalah voucher jurnal diganti dengan fungsi yang serupa tetapi secara elektronik dan buku besar di mutahirkan secara otomatis secara periodik. Pemrosesan tepat waktu dalam sistem pemrosesan tanpa kertas, keuntungan utama dalam pemrosesan tanpa kertas adalah memungkinkan untuk melakukan pemrosesan tepat waktu.

Ø  Sistem Keluaran
Sistem keluaran dapat berupa sistem dengan kertas, tanpa kertas atau antara keduanya. Sebagian besar sistem dengan kertas dan berorientasi batch dengan pemrosesan file sekuensial menghasilkan volume keluaran yang besar. Sebagai contoh hasil cetak keluaran file piutang dagang dapat digunakan untuk melihat saldo pelanggan individual. Pengendalian keluaran di rancang untuk mengecek bahwa hasil pemrosesan telah berupa keluaran  yang sah dan keluaran tersebut telah didistribusikan secara memadai.
Kelompok pengendalian PDE terpisah seringkali dibentuk untuk memonitor operasi PDE. Kelompok pengendalian PDE menrupakan bagian dari fungsi audit intern perusahaan. Distribusi keluaran harus dikendalikan untuk meminimalkan akses tidak sah terhadaop data-data penting. Distribusi keluaran di kendalikan melalui dokumentasi dan penyeliaan. Umumnya, register distribusi keluaran dibuat untuk mengendalikan disposisi laporan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar