Sakura Loves You

Jumat, 01 April 2016

TUGAS 1 AUDITING 1 (EKSI4308)




  1. Sebutkan 4 (empat) manfaat ekonomik yang dimiliki oleh profesi akuntan publik dalam perekonomian negara !
  2. Kantor Akuntan Publik berdasarkan SK. Menkeu No. 470/KMK.017/1999 tertanggal 4 Oktober 1999 didefinisikan sebagai lembaga yang memiliki izin dari Menteri Keuangan sebagai wadah bagi akuntan publik dalam melakukan pekerjaannya.Sebutkan 4 (empat) kategori kantor akuntan publik !
  3. Independensi merupakan dasar dari profesi auditing. Apakah arti dari independensi auditor tersebut ?
  4. IAPI sebagai organisasi profesi akuntanpublik yang berwenang melaksanakan ujian sertifikasi akuntan publik, penyusunan dan penerbitan standar profesional dan etika akuntan publik, serta menyelenggarakan program pendidikan berkelanjutan bagi seluruh akuntan publik di Indonesia, baru diakui oleh Pemerintah Indonesia pada tanggal 5 Februari 2008 melalui Permenkeu Nomor berapa ?

JAWABAN

1.
v  Akses ke Pasar Modal
Agar dapat mencatatkan sahamnya sebelum diperdagangkan di pasar modal, perusahaan harus memenuhi ketentuan hukum persyaratan audit terlebih dahulu. Perusahaan yang tidak diaudit tidak dapat mencatatkan sahamnya di pasar modal.
v  Kos (Cost) Modal yang Lebih Rendah
Penurunan risiko informasi karena dilakukannya audit dapat menurunkan tingkat bunga pinjaman oleh bank sehingga kos modal menjadi lebih rendah. Dari sudut pandang investor, investor mau menerima tingkat pengembalian (return) yang lebih rendah apabila mereka mempercayai informasi keuangan perusahaan. Kepercayaan itu diperoleh dengan menyediakan informasi yang berkualitas dan andal, yaitu informasi keuangan yang telah diaudit.
v  Penangguhan Ketidakefisienan dan Kecurangan
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa para pegawai menjadi lebih berhati-hati dan berusaha sesedikit mungkin melakukan kesalahan dalam melaksanakan fungsi akuntansi dan pengelolaan aset apabila perusahaan tersebut hendak diaudit. Oleh karena itu, audit dapat mendorong peningkatan kualitas kerja dan keandalan informasi yang disediakan oleh pegawai, dan ini juga mampu menekan tindakan-tindakan kecurangan.
v  Peningkatan Pengendalian dan Operasional
Pada akhir dilaksanakannya audit, seringkali auditor menyediakan saran-saran untuk meningkatkan pengendalian serta mencapai efisiensi operasi yang lebih tinggi dalam organisasi klien dan manfaat ekonomi ini menjadi sangat bernilai bagi perusahaan-perusahaan skala kecil dan menengah.

2. empat kategori kantor akuntan publik :
1.   Perusahaan Internasional KAP Big Four
2.   Perusahaan Nasional
3.   Perusahaan Wilayah dan Perusahaan Lokal Besar
4.   Perusahaan Lokal Kecil

3. Independensi merupakan dasar dari profesi auditing. Hal itu berarti bahwa auditor dapat bersikap netral terhadap entitas. Oleh karena itu, auditor dapat bersikap objektif. Publik dapat mempercayai fungsi audit karena auditor bersikap tidak memihak serta mengakui adanya kewajiban untuk bersikap adil.

4. 17/PMK.01/2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar