Sakura Loves You

Senin, 14 Desember 2015

TUGAS 2 PENGANTAR EKONOMI MIKRO (ESPA 4111)



Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, dan gunakan grafik apabila diperlukan!

1.      Jelaskan kondisi untuk memperoleh keuntungan maksimal pada industri persaingan murni dalam jangka pendek.
2.      Jelaskan dua pendekatan dalam memaksimalkan keuntungan dari suatu perusahaan monopoli.
3.      Jelaskan efek ekonomi dan persaingan bukan harga pada persaingan monopolistik.
4.      Apa yang dimaksud dengan kartel dan  jelaskan jenis-jenisnya.



~Selamat bekerja~

JAWABAN


  1. Perusahaan pada persaingan murni adalah perusahaan yang merupakan penerima harga dan selanjutnya output tersebut dapat dijual dengan harga sesuai keinginan perusahaan kepada pasar yang berlaku.
Bila kondisi perusahaan MR = MC (pendapatan  marjinal  =  biaya marjinal), ini merupakan satu faktor perusahaan memperoleh keuntungan maksimal.


  1. a. Pendekatan Total :
Mengartikan bahwa pendapatan total  (TR) berada pada tingkat selisih tertinggi dengan biaya total (TC), maka keuntungan adalah maksimal, pada tingkat selisih tertinggi inilah output perusahaan di akan diprodukssi.

b. Pendekatan Marjinal :
Mengartikan bahwa pendapatan marjinal (MR) sama dengan  biaya marjinal (MC) maka keuntungan aalah maksimal.

  1. a. Alokasi, input tak optimal.
Bila kurva permintaan yg di hadapi oleh setiap perusahaan bersinggungan dengan kurva AC maka setiap perusahaan tersebut mengalami titik pulang pokok dan pasar akan berada dalam keseimbangan jangka panjang.
Bila kurva permintaan mengalami kemiringan negatif, maka persinggungan terjadi sebelah kiri titik terendah kurva AC, terjadilah alokasi input yang terlalu sedikit dalam industri. Nilai P di patok  lebih tinggi dari MC. Perusahaan memproduksi output lebih kecil dari pada tingkat output paling efisien yang dapat menekan biaya rata-rata dan harga lebih tinggi dari harga pasar industri persaingan murni.

Maka perusahaan berkerja pada tingkat kapasitas pabrik yang rendah, perusahaan-perusahaan mematok harga lebih tinggi agar mereka hanya dapat keuntungan normal saja dalam jangka panjang.

b. Diferensiasi produk dan Advertensi
Kemungkinan perusahaan melakukan Diferensiasi produk agar dapat memperoleh keuntungan ekonomis Diferensiasi produk dilakukan dengan berbagai tipe, gaya, merek, atau kualitas produk tertentu.
Tujuan diferensiasi adalah untuk menarik konsumen dalam memilih produk produk yang telah diferensiasi yang akhirnya mempengaruhi posisi perusahaan didalam jangka panjang menjadi aman.

Tujuan Diferensiasi adalah untukkonsumen dalamproduk-produk  yang telah Diferensiasi yang akhirnya mempengaruhi posisi perusahaan di dalam jangka panjang.

  1. Kartel  adalah bentuk persekutuan antara beberapa perusahaan sejenis di bawah suatu perjanjian tertentu atau juga bisa dikatakan suatu bentuk kolusi didalam oligopoli. Kartel merupakan kolusi perusahaan perusahaan oligopolis untuk mengontrol harga serta kuantitas yang diproduksi dalam industri demi kepentingan perushaan anggota.
  2. Macam macam kartel :
a. Kartel harga : tidak boleh menjual dengan harga yang lebih rendah dari yang ditetapkan oleh anggota tetapi boleh lebih tinggi.
b. Kartel Daerah : membagi daerah pemasaran yang boleh dikuasai.
c. Kartel Produksi : menentukan luas produksi masing-masing.
d. Kartel Kondisi : mengatur syarat-syarat penjualan (penyerahan barang, tempat penjualan, penjualan tunai atau kredit, potongan dan sebagainya).
e. Kartel Pembagian Laba : cara pembagian dan besar laba yang diterima masing masing anggota.

6 komentar:

  1. assalamu alaikum apa kabar saya sering membuka blog ini apa mbk kuliah di ut ?

    BalasHapus
  2. Mbak, izin copas ya,... utk tugas. Thanks, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. mksh banyak mbk...sdh banyak membantu menyelsaikan tugas2

    BalasHapus
  4. izin copas mbak :) makasih banyak ya....

    BalasHapus
  5. sangat membantu :D , suwun yah mbak izin copas .

    BalasHapus